Berkendara saat musim hujan memiliki tantangan tersendiri, selain kondisi jalan yang licin, hujan dapat menyebabkan visibilitas menjadi terbatas, sehingga penting bagi pengemudi untuk memastikan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat tetap berkendara dengan lebih aman.

Tokopedia melalui rilisnya membagikan lima rekomendasi aksesori lokal untuk berkendara mobil dan motor saat musim hujan agar lebih aman dan nyaman.

1. Pastikan memiliki helm sesuai SNI dan siapkan ban cadangan.

Aksesori keselamatan seperti helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib dimiliki pengendara motor. Aksesori keselamatan itu dapat membantu pengendara agar tetap aman di jalan raya, bahkan saat kondisi hujan yang deras. Masyarakat dapat memiliki helm SNI dari berbagai brand lokal, seperti Cargloss.


2. Siapkan kain lap microfiber dan wiper untuk menjaga kebersihan kendaraan.

Selain bermanfaat untuk menjaga keselamatan, kain lap dan wiper menjadi dua aksesori penting untuk menjaga kebersihan kendaraan.

Pemilihan jenis kain lap mobil maupun motor juga penting untuk diperhatikan. 


3. Pakai stiker atau semprotan anti kabut untuk menjaga visibilitas saat berkendara.

Stiker atau semprotan anti kabut bisa juga merupakan contoh aksesori kendaraan yang sangat bermanfaat saat musim hujan.



4. Siapkan jas hujan atau payung.

Bagi pengendara motor, pilihlah jas hujan yang ukurannya sesuai dengan tubuh untuk melindungi diri dari air hujan dan hindari menggunakan jas hujan model ponco dengan ukuran yang terlalu panjang.



5. Perhatikan kampas rem, busi motor dan aksesori performa kendaraan.

Pastikan performa kendaraan selalu terjaga, terutama saat musim hujan, dengan rutin memeriksa kondisi aksesori atau perlengkapan kendaraan. 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini lima rekomendasi aksesori berkendara saat musim hujan

Pewarta: Putri Hanifa

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024