Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung langkah Afrika Selatan yang menyeret Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) dalam upaya menghentikan genosida terhadap Palestina.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Afrika Selatan yang telah berhasil menyeret Israel ke Mahkamah Internasional untuk menghentikan genosida Israel terhadap Palestina," ujar Wakil Sekjen MUI Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ikhsan mengatakan apa yang dilakukan Afrika Selatan tidak hanya menyelamatkan bangsa Palestina, tetapi juga memperjuangkan kemanusiaan.

Selain itu, langkah Afrika Selatan ini juga berdampak pada sistem internasional, sehingga ada tekanan yang dapat memengaruhi pemerintah global.

Menurutnya, sejumlah dokumen yang dimiliki Afrika Selatan mengacu pada bukti-bukti faktual dan situasi yang konkret, mengingat Afrika Selatan juga pernah mengalami perlakuan politik aparteid.



"Maka sangat paham betul terkait ethnic cleansing (pembersihan etnik tertentu), ethnic separatism (pemecah belah etnik), aparteid, dan genosida. Apa yang dilakukan Afrika Selatan saat ini akan dikenang dan tercatat dalam sejarah," katanya.

Di sisi lain, kata dia, bangsa Indonesia perlu terus konsisten melakukan upaya-upaya dukungan terhadap Palestina, karena akan mempengaruhi kebijakan negara di dunia dan geopolitik internasional.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MUI dukung langkah Afsel seret Israel ke Mahkamah Internasional

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024