PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, melaporkan adanya peningkatan jumlah penumpang yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api (KA) di wilayahnya sebesar 41 persen selama masa libur panjang akhir dan awal tahun.
 
Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana di Cirebon, Senin, menjelaskan peningkatan itu terlihat dari trafik penumpang masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berjumlah 120.802 pelanggan. Sedangkan pada periode sebelumnya 2022-2023 totalnya hanya 85.886 orang. 

Baca juga: Daop Cirebon layani keberangkatan 94.433 penumpang saat libur panjang
 
“Masa angkutan itu berlangsung selama 18 hari sejak 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Selama masa itu Daop 3 Cirebon rata-rata melayani 6.711 pelanggan KA per hari,” kata Dicky.
 
Melonjaknya volume penumpang, menurut dia, disebabkan adanya peningkatan jumlah perjalanan KA selama masa angkutan libur panjang serta banyak masyarakat yang sangat berminat menggunakan angkutan KA.
 
Dia menyebutkan selama periode tersebut, jumlah KA yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon berjumlah 131 KA penumpang dan 33 KA barang.
 
Jika merujuk pada data, pihaknya mencatat puncak terjadinya lonjakan volume pelanggan berlangsung pada Selasa (26/12) yang tercatat sebanyak 8.854 pelanggan.
 
Kemudian, tutur Dicky, puncak kedua lonjakan penumpang terjadi pada Senin (1/1) dengan jumlah sebanyak 8.699 pelanggan.
 
“KAI mencatat stasiun terpadat pada periode tersebut yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang dan Stasiun Brebes. Secara umum masa angkutan kali ini berjalan dengan lancar dan terkendali,” ujarnya.
 
Dicky menuturkan selain kenaikan jumlah penumpang, selama masa angkutan tersebut sisi ketepatan waktu atau on time performance keberangkatan KA menunjukkan capaian positif yakni sebesar 99,3 persen dan kedatangan KA mencapai 98,2 persen.
 
Menurut dia, hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi KA untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah tujuan.
 
Dengan capaian positif itu, pihaknya bakal menjadikannya sebagai bahan evaluasi secara detail dan komprehensif, termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan.
 
“Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2024, khususnya menjelang angkutan Lebaran tahun 2024,” ujar dia lagi.

Baca juga: 70.830 penumpang turun di stasiun wilayah Daop 3 Cirebon selama libur akhir tahun
 
Tidak lupa, lanjut dia, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan layanan perjalanan KA selama musim libur panjang.
 
“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan KAI beserta seluruh stakeholder yang terlibat aktif dalam masa angkutan Natal dan tahun baru,” ucap dia.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024