Antarajawabarat.com, 18/5 - Bayern Muenchen mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 untuk sekaligus mempertahankan gelar juara DFB Pokal atau Piala Jerman yang merupakan trofi ke-17 turnamen ini yang diperoleh Muenchen sepanjang sejarah.

Dua gol Bayern dicetak Arjen Robben pada menit kedua babak kedua perpanjangan waktu atau menit ke-107 dan Thomas Muller pada menit kedua waktu tambahan babak kedua perpanjangan waktu atau menit 122.

Partai final Piala Jerman yang berlangsung di Olympiastadium, Berlin, Jerman, Minggu dini hari WIB tersebut terpaksa berlanjut ke babak perpanjangan waktu setelah kedua tim gagal mencetak gol selama 90 menit waktu normal.

Pun demikian, Dortmund boleh jadi merasa trofi Piala Jerman dicuri dari tangan mereka oleh keputusan keliru wasit Florian Meyer pada menit 64.

Sundulan Mats Hummels ke gawang Munchen yang sudah tidak terkawal Manuel Nueur terlihat sudah melewati garis gawang berdasarkan tayangan ulang, akan tetapi disapu Dante keluar dan tidak dinyatakan gol oleh Meyer.

Meski mendapat protes dari para pemain Dortmund, Meyer bergeming tidak mengubah keputusannya.

Pada menit ke-2 babak kedua perpanjangan waktu, Robben memecah kebuntuan dan membawa Munchen unggul usai menerima umpan silang dari Jerome Boateng.

Gol tersebut berawal dari blunder Marcel Schmelzer setelah kehilangan bola di area pertahanan sendiri kepada Boateng, usai menerima bola umpan dari Weidenfeller.

Boateng yang segera melihat Robben berdiri bebas segera melepaskan umpan silang dan disambut tendangan sentuhan pertama yang kali ini berhasil mengelabui Weidenfeller.

Muenchen mendominasi sedikitnya hingga 60 menit pertama pertandingan, namun tidak mampu mengkonversikannya menjadi gol.

Hal serupa juga dialami Dortmund yang mulai meningkat permainannya sejak menit 60, namun tak kunjung menciptakan gol.

Memasuki babak pertama perpanjangan waktu, Dortmund justru mengambil inisiatif serangan.

Penyerang Pierre-Emerick Aubameyang yang masuk menggantikan gelandan Milos Jojic di babak kedua, melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang Munchen pada menit kedua babak pertama perpanjangan waktu.

Kedua tim tidak menciptakan peluang yang cukup menjanjikan di sepanjang babak pertama perpanjangan waktu.

Kelelahan yang dirasakan kedua tim mulai terlihat pada babak kedua perpanjangan waktu, namun pada menit 2 babak kedua perpanjangan waktu, Robben memecah kebuntuan untuk membawa Munchen unggul setelah mencetak gol usai menerima umpan silang dari Jerome Boateng.

Gol tersebut berawal dari blunder yang dilakukan Marcel Schmelzer setelah kehilangan bola di area pertahanan sendiri kepada Boateng, usai menerima bola umpan dari Weidenfeller.

Boateng yang segera melihat Robben berdiri bebas segera melepaskan umpan silang dan disambut tendangan sentuhan pertama yang kali ini berhasil mengelabui Weidenfeller.

Sesaat setelah itu, Franck Ribery yang sebelumnya masuk pada menit 30 menggantikan Philipp Lahm harus ditarik keluar lapangan untuki digantikan Claudio Pizarro. Sementara Jurgen Klopp mengirimkan Jonas Hofmann menggantikan Kevin Grosskreutz.

Dortmund tak menyerah, mereka kembali menyusun serangan, akan tetapi hingga peluit tanda pertandingan berakhir berbunyi, upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Muenchen justru sukses memperbesar kemenangan setelah Muller berhadapan satu lawan satu dengan Weidenfeller dan melewatinya untuk menceploskan bola dengan mudah ke gawang Dortmund di menit kedua waktu tambahan babak kedua perpanjangan waktu atau menit ke-122.

Pertandingan berakhir dengan keberhasilan Muenchen mempertahankan status sebagai pemenang Piala Jerman, menutup laga dalam skor 2-0.

Berikut susunan lengkap pemain kedua tim sebagaimana dilansir bundesliga.com.
Dortmund (4-2-3-1): Roman Weidenfeller (pg), Lukasz Pitsczek, Sokratis, Mats Hummels, Marcel Schmelzer, Milos Jojic (Pierre-Emerick Aubameyang), Nuri Sahin, Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus, Kevin Grosskreutz (Jonas Hoffman), Robert Lewandowski

Munchen (3-4-3): Manuel Neuer (pg), Jerome Boateng, Javi Martinez, Dante, Pierre-Emile Hojbjerg (Daniel Van Buyten), Philipp Lahm (Franck Ribery/Claudio Pizarro), Toni Kroos, Rafinha, Thomas Muller, Arjen Robben, Mario Gotze.

antara

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014