PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyambut baik perpanjangan jam operasional akses masuk dan keluar tol Gedebage KM 149 akan mempermudah penumpang kereta cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar yang melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi. 

"Exit Tol KM 149 ini merupakan salah satu akses yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mengakses Stasiun Tegalluar. Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi ataupun malam dari Stasiun Tegalluar," kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Bandung, Sabtu.

Eva menjelaskan akses masuk dan keluar tol Gedebage KM 149 saat ini mengalami perpanjangan jam operasional mulai 23 Desember 2023. Sebelumnya beroperasi pada pukul 07.00-17.00 WIB, kini selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 beroperasi mulai 06.00-22.00 WIB.

Lebih lanjut, Eva berharap perpanjangan jam operasional akses tol tersebut dapat memudahkan penumpang kereta cepat. Mengingat saat ini, KCIC secara konsisten terus melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh. 

Dia menyampaikan, saat ini KCIC kembali menambah jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

"Penambahan ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang diperkirakan akan melonjak di masa Nataru. KCIC mengantisipasi terus meningkatnya jumlah penumpang yang ingin berlibur," katanya.

Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan ini, lanjut Eva, kapasitas kursi yang disediakan mencapai hingga 28 ribu kursi per hari dan juga sudah diikuti dengan penambahan jumlah perjalanan KA Feeder yang dioperasikan oleh KAI untuk menuju Stasiun Bandung dan Cimahi.

“KCIC juga akan terus melakukan kordinasi dengan para pemangku kepentingan khususnya yang berkaitan dengan aksesibilitas, sehingga dapat memberikan kemudahan para pengguna jasa kereta Whoosh dari dan menuju stasiun,” kata Eva.

Adapun jam operasional kereta cepat Whoosh dimulai dari pukul keberangkatan pertama di pukul 06.15 WIB hingga kedatangan terakhir di pukul 21.16 WIB. 

Selain itu, ia menyebut sejak dioperasikan secara komersial sampai dengan 22 Desember 2023, tiket kereta cepat Whoosh yang telah dijual mencapai 965 ribu tiket. Dimana berdasarkan survei, 55 persen diantaranya merupakan penumpang dengan tujuan untuk berlibur.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023