Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto tiba di Gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR RI, Jakarta, Senin, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

Agus tiba di lokasi acara diantar oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Kristomei Sianturi dan jajaran pejabat Mabes TNI, antara lain Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Marsekal Muda TNI Agung Handoko.

Agus beserta rombongan yang mendampingi tiba di DPR RI pada pukul 09.41 WIB menumpang satu mobil yang sama. Dia bersama Yudo dan Listyo langsung naik ke atas ruang rapat Komisi I.

"Bismillah, siap 100 persen," kata Agus menjawab pertanyaan wartawan.

Tak lama kemudian, Agus memasuki ruang rapat Komisi I bersama Panglima TNI dan Kapolri, Kasal, dan Kasau, serta Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. Mereka sempat menyapa wartawan dan berfoto bersama sebelum memulai rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan agenda penyampaian visi dan misi.

Sementara itu, Panglima TNI yang mengantar Agus menyampaikan harapannya bahwa uji kepatutan dan kelayakan pada hari ini berlangsung lancar.

"Peralihan kepemimpinan di TNI tentunya sudah merupakan hal yang biasa karena memang saya memasuki masa purnatugas 26 November dan harus dilanjutkan sehingga kepemimpinan TNI dapat keberlanjutan," kata Panglima TNI.

Usai mengantar Agus, Panglima, Kapolri, dan para kepala staf meninggalkan ruang rapat.
Jenderal TN Agus Subiyanto merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden RI ke DPR RI. Dia bakal menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang purnabakti pada tanggal 26 November 2023 atau saat Yudo tepat berusia 58 tahun.

Dalam uji kepatutan dan kelayakan itu, Komisi I DPR RI mendalami visi dan misi calon Panglima TNI, kemudian menanyakan beberapa isu di antaranya terkait dengan pengamanan Pemilu 2024, netralitas TNI, dan isu terkait dengan Papua.

Jenderal TNI Agus Subiyanto sendiri baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada hari Rabu (25/10). Dia dipilih sebagai Kasad untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang purnabakti pada tanggal 19 November 2023.

Jika nanti Agus Subiyanto terpilih sebagai Panglima TNI, masa tugasnya sebagai Kasad kurang lebih 1 bulan.


Komisi I DPR Dalami netralitas TNI 

Komisi I DPR mendalami sejumlah hal dalam uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal panglima TNI, salah satunya soal netralitas dalam Pemilu 2024, terhadap Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan uji kelayakan dan kepatutan, yang dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB itu, akan mendalami pula terkait dengan profesionalisme TNI dalam Pemilu 2024.

"Pukul 10.00, kami akan mendengarkan visi dan misi calon panglima. (Soal) Kesejahteraan prajurit TNI, masalah Papua, dan lain-lain," kata Abdul Kharis saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
Sementara itu, Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan pihaknya telah menerima berkas calon panglima TNI, Jumat (10/11), sebagai syarat untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

"Sudah kami verifikasi semua data-datanya dengan valid dan tepat, sehingga sudah tidak alasan. Sehingga, bisa langsung masuk kepada fit and proper test itu sendiri," kata Dave dalam pesan video yang diterima di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan bahwa Komisi I akan menggali lebih dalam terkait sejumlah hal kepada calon panglima TNI, di antaranya reformasi dan regenerasi dalam tubuh TNI, peningkatan moralitas, serta kualitas dan kemampuan tempur TNI di era digitalisasi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kasad tiba di DPR untuk uji kepatutan diantar Yudo dan Listyo

Pewarta: Genta Tenri Mawangi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023