Antarajawabarat, 5/3 (Antara) - Gelanggang Olahraga (GOR) Bandung akan dibangun megah berlantai lima untuk penyelenggaraan PON XIX/2016.

"GOR Bandung akan dibongkar, mulai dari nol. Rencananya GOR itu dibangun lima lantai bertaraf internasional, salah satunya untuk tempat pertandingan PON XIX/2016," kata Ketua Umum KONI Kota Bandung Aan Johana di Bandung, Rabu.

Rencananya, GOR yang biasa digunakan pertandingan bulu tangkis tersebut akan dibangun ulang dengan kapasitas penonton lebih besar. Lantai dasar untuk sarana pertandingan olahraga, sedangkan lantai lainnya akan digunakan untuk sekretariat dan aula pertemuan atau rapat.

Menurut Aan, pembangunan GOR Bandung akan dilakukan melalui anggaran Pemkot Bandung senilai Rp40 miliar yang akan diarsiteki langsung oleh Wali Kota Bandung H Ridwa Kamil.

"GOR Bandung nantinya menjadi venue PON 2016, semuanya akan refresentatif dan berstandar internasional," kata Aan.

Ia menyebutkan, lahan GOR Bandung sempit, sehingga pembangunan GOR tersebut akan dilakukan secara vertikal sehingga bisa memaksimalkan lahan yang ada.

Selama ini GOR Bandung menjadi sarana olahraga bulu tangkis, PABBSI, dan sejumlah sekretariat Pencab Olahraga di Kota Bandung. Terkait pembangunan itu, maka mulai pertengahan Maret ini sarana ini dikosongkan.

"Ya kita kosongkan mulai Maret ini, kita semua pindahan ke tempat baru. April nanti sudah mulai diratakan. Pembangunan GOR Bandung ini membutuhkan waktu tujuh bulan," kata Aan.

GOR Bandung merupakan salah satu saksi bisu lahirnya atlet-atlet bulutangkis Jawa Barat dan juga nasional, karena di GOR tersebut para atlet digembleng dan berkompetisi dalam kejuaraan di tempat itu.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014