Kementerian Sosial (Kemensos) RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar operasi gratis untuk 350 pasien katarak di Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Ciawi, Kabupaten Bogor, Rabu.

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat hadir dalam operasi katarak gratis mengungkapkan dari sekitar 1.000 pasien yang menjalani skrining atau pemeriksaan medis, sebanyak 350 pasien diantaranya diizinkan mengikuti operasi katarak.

"Ternyata RSUD Ciawi ini peminatnya sangat banyak, dari sekitar 1.000 orang yang mengikuti skrining, hasilnya ada sekitar 350 pasien yang melaksanakan operasi katarak, sebagian besarnya berasal dari wilayah Kabupaten Bogor," kata Risma.

Ia mengatakan, operasi katarak gratis merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kemensos RS setiap bulan. Pelayanan operasi katarak dianggap penting, karena jika terlambat satu hari saja, pasien akan menjadi buta dan tentunya berdampak terhadap produktivitas pasien.

Risma menerangkan, program operasi katarak gratis ini dilaksanakan di seluruh Indonesia demi mencegah orang mengalami kebutaan akibat katarak, dan menjaga pasien agar tetap produktif dengan menyembuhkannya dari penyakit katarak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos operasi gratis 350 pasien katarak di RSUD Ciawi

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023