Wali Kota Bogor, Jawa Barat Bima Arya Sugiarto menyebut ada lima potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

Bima Arya saat rapat koordinasi dengan Forum komunikasi pimpinan daerah (Firkopimda) di Makopolresta Bogor Kota, Senin, mengatakan kelima poin itu berkaca dari pemilu yang telah berlangsung pada tahun 2019.

"Setidaknya ada lima penyebab persoalan potensi-potensi konflik ketika kontestasi politik. Dari mulai yang paling sering, sampai yang paling mengganggu kamtibmas," kata Bima.

Bima merinci, bahwa potensi gangguan Kamtibmas yang perlu dikoordinasikan selalu oleh penyelenggara pemilu dan Forkopimda ialah kesalahpahaman, aturan yang menimbulkan multiinterpretasi, ketidakmampuan penyelenggara pemilu, keberpihakan aparat dan skenario pengacauan.

Dari kelima potensi konflik pemilu, kata Bima, pengalaman pemilu tahun 2019 di Kota Bogor yang terjadi adalah poin pertama yakni kesalahpahaman.

Potensi konflik tersebut bisa diatasi dengan berkomunikasi dan koordinasi untuk meluruskan pemahaman antar pengurus partai politik atau calon legislatif dan calon wali kota dan wakil wali kota.

 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023