Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhasil memadamkan kebakaran lahan kosong seluas 70 meter persegi di Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung yang disebabkan pembakaran sampah.

Wadanton 1 Diskar PB Kota Bandung Sholehudin menjelaskan bahwa api yang membakar rumput di lahan kosong yang merembet ke sejumlah kabel optik yang berada di dekat lokasi kejadian.

“Hanya merembet ke lahan kosong dan api menyambar kabel optik disekitar lahan yang terbakar,” kata Sholehudin saat dihubungi di Bandung, Minggu.

Menurut dia, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.45 WIB diduga kebakaran tersebut ada warga yang belum diketahui identitasnya melakukan aktivitas pembakaran sampah.

“Dugaan sementara ada warga yang membakar sampah dan merembet ke tumpukan daun,” kata dia.

Kemudian, kata dia, petugas gabungan yang menerima laporan warga pun langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dengan mengerahkan enam armada pemadam kebakaran.

“Petugas melakukan pemadaman secara menyeluruh di area terbakar dengan dilanjutkan proses pendinginan dan pengecekan,” katanya.


Sholehudin menyebutkan atas kejadian ini tidak ada korban jiwa maupun kerusakan rumah akibat kebakaran tersebut.

“Alhamdulilah tidak merembet kerumah warga, hanya menghanguskan lahan kosong,” kata Sholehudin.

Adapun petugas Damkar dari Diskar PB Kota Bandung berhasil memadamkan lahan kosong tersebut selama satu jam penanganan.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023