Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung Dudi Prayudi menyatakan program Tumbler 7 yang diselenggarakan oleh Le Minerale bersama SMPN 7 Kota Bandung mendukung upaya pemerintah dalam memasifkan gerakan ekonomi sirkular nasional.

“Program ini relevan dengan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Program Tumbler 7 bertujuan untuk menyediakan air minum yang lebih sehat dan lebih aman sekaligus menjadi langkah dalam mengurangi sampah plastik.

Dudi menuturkan program Tumbler 7 juga sejalan dengan program Kang Pisman milik Kota Bandung, yaitu kurangi, pisahkan dan manfaatkan (sampah) yang sudah berjalan selama beberapa waktu.

Dudi menjelaskan program penggunaan tumbler ini berpotensi mengurangi sampah plastik kemasan kecil, karena para siswa akan terbiasa membawa dan menggunakan tumbler sebagai medium untuk meminum air.

Selain itu, program ini juga akan mendorong kebiasaan perilaku warga sekolah untuk mengurangi penggunaan plastik kemasan kecil yang berpotensi tercecer dan tidak terpilah hingga menjadi sampah.

Kepala SMPN 7 Bandung Lukman Surya Saputra optimistis inisiatif baik ini akan membangun kesadaran siswa yang bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh ,namun juga kepedulian lingkungan.

“Dengan menggunakan tumbler, konsumsi air yang dibutuhkan siswa dapat lebih terpenuhi dan terjamin bahwa siswa mendapatkan sumber air yang sehat dan aman,” ujar Lukman.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bandung: Program Tumbler 7 dukung gerakan ekonomi sirkular

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023