Pertandingan pertama yang dijalani timnas bulu tangkis Indonesia pada babak penyisihan Grup A Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023 berakhir positif dengan menyapu bersih kemenangan 5-0 atas Vietnam, Sabtu.

Ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani yang tampil pada partai penutup menjadi penggenap kemenangan Skuad Garuda Muda setelah mengalahkan pasangan Khanh My Huynh/Thi Anh Tran dua gim langsung 21-5, 21-10 di Yogyakarta.

"Kami bermain lebih percaya diri saat tim sudah unggul 4-0 atas Vietnam. Kami tentu juga mau menang dan mencoba bermain nothing to lose (tanpa beban) di pertandingan ini," ungkap Anisanaya dalam informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Pasangan yang akrab diundang Naya/Ara itu mengaku tampil lepas sehingga mampu mengunci kemenangan dalam pertandingan berdurasi 25 menit itu.

Kemenangan tersebut membuat Naya/Ara lebih percaya diri menghadapi laga berikutnya. Nantinya jika dipercaya bermain melawan China, mereka akan berupaya untuk bermain maksimal dan menyumbang poin.

"Menjadi bagian dari tim Indonesia di ajang Kejuaraan Asia Junior tidak terbayang sebelumnya. Jadi kami sangat menikmati dan ingin memberikan yang terbaik," ungkap Ara.

Sebelumnya, keunggulan timnas bulu tangkis Indonesia atas Vietnam bertambah menjadi 4-0 melalui kemenangan ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin pada babak penyisihan Grup A Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023, Sabtu.
 
Pada laga yang berlangsung di GOR Among Rogo, Yogyakarta, itu Faiz/Joaquin unggul 21-7, 21-14 atas wakil Vietnam, Minh Son Le/Hoang Thai Son Nguyen.
 
"Pada pertandingan ini lawan juga bermain sangat baik. Kami konsisten sejak awal permainan dengan tidak membuat kesalahan sendiri," ungkap Joaquin dalam informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Pasangan Faiz/Joaquin mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga. Terlihat strategi tersebut menyulitkan lawan sehingga keduanya mampu menang dalam tempo 22 menit.
"Kami berupaya untuk mengatur tempo dan bermain lebih percaya diri lagi. Hal itu yang coba kami terapkan di laga ini," tutur Faiz, sapaan akrab Farizi.

Pada laga tersebut, pasangan Faiz/Joaquin bermain lepas seusai Indonesia sudah memastikan diri menang dengan skor 3-0.
 
"Ada sedikit kepercayaan diri saat kami sudah unggul 3-0. Kami punya tekad meski sudah menang ingin menyumbangkan poin," ujar Joaquin.
 
Dengan hasil tersebut, Indonesia memperlebar kedudukan menjadi 4-0 berkat kemenangan Faiz/Joaquin atas Minh/Hoang.

Tiga partai sebelumnya juga dimenangi oleh wakil Skuad Garuda Muda yaitu ganda campuran Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu, tunggal putra Alwi Hasan, dan partai ketiga oleh tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari.
Adrian/Felisha membuka kemenangan bagi Indonesia setelah mengalahkan Truong Pham/Bich Phuong Bui dengan skor 21-15, 21-12, lalu disusul Alwi yang menggandakan kedudukan seusai mengatasi Quoc Khanh Tran 21-14, 21-17.

Pada partai ketiga, giliran Mutiara yang memastikan kemenangan Indonesia atas Vietnam, seusai mengalahkan Ngoc Van Le lewat pertarungan rubber game 21-15, 16-21, 21-5.
 
Partai terakhir menampilkan ganda putri Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani. Pasangan Naya/Ara, sapaan akrab Anisanaya/Zahra itu, berhadapan dengan ganda putri Vietnam Khanh My Huynh/Thi Anh Tran.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia sapu bersih kemenangan atas Vietnam 5-0

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023