Dihadapan Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan HUT ke-77 Bhayangkara menjadi momentum bagi institusi Polri untuk berbenah dan memperbaiki diri menjaga amanah masyarakat.

"Momentum Hari Bhayangkara ke-77 Polri berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan harapan masyarakat terhadap setiap pelaksanaan tugas," kata Sigit di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu.

Sigit kembali menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat atas sikap anggota yang telah menyakiti hati masyarakat.

"Tak ada gading yang tak retak untuk itu dengan segala kerendahan hati kami mengucapkan permohonan maaf atas perbuatan yang menyakiti hati masyarakat," kata Sigit.

Jenderal bintang empat itu juga menegaskan, Polri berkomitmen menjalankan tugas sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo bahwa menjadi polisi bukan profesi tetapi jalan untuk mengabdi.

"Sebagaimana pesan Bapak Presiden Republik Indonesia yang selalu tertanam di hati bahwa polisi bukan sekedar profesi tapi sebuah jalan untuk mengabdi," katanya.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga menyampaikan tekad pengabdian personel Polri sesuai dengan filosofi Satya Haprabu, yakni setia kepada negara hukum bukan kepada sosok yang menjadi pemimpin.

"Kami berdiri di sini telah bertekad untuk mengabdikan diri dan menanamkan dalam sanubari bahwa menjadi pelayan publik yang baik adalah suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seluruh Insan Polri," katanya.

Ia menambahkan dengan filosofi Satya Haprabu, personel Polri senantiasa setia pada negara dalam menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan stabilitas kamtibmas, mendukung agenda pemerintah demi mewujudkan Indonesia maju dan Indonesia emas yg kita cita-citakan.

Sementara itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi istri Wury Ma'ruf Amin menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan ini adalah Presiden Joko Widodo, yang kehadirannya didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Sabtu malam, Wapres tiba di Pintu Kuning GBK pukul 15.30 WIB disambut oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo beserta istri Juliati Listyo Sigit Prabowo.

Acara dibuka dengan penghormatan kepada Panji-Panji Kepolisian Negara Republik Indonesia Tri Brata. Selanjutnya, pukul 16.00 WIB prosesi upacara dimulai, dengan Komandan Upacara Kombes Pol. Victor Dean.

Pada kesempatan tersebut turut diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia berupa Bintang Bhayangkara Nararya kepada empat anggota kepolisian, yaitu Brigjen Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, Kombes Pol Anisullah M. Ridha, AKP. Susianti B. Safkaur, dan Aiptu Zunadi Sembiring.

Rangkaian acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Wapres dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Sebelumnya dalam ucapan Hari Bhayangkara ke-77 yang diunggah dalam Instagram @setwapres.ri, Wapres meminta Polri terus mengedepankan transparansi, obyektivitas dan profesionalisme

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia ke-11 Boediono, para ketua lembaga tinggi negara, duta besar negara sahabat, serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Wapres Maruf Amin didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Vernando Wanggai, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri: Polri komitmen jaga amanah masyarakat

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023