PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo atau Perseroan, BEI: GOTO) mengubah susunan kepengurusan perseroan berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

“Perseroan telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham terhadap seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang diajukan. Di antara persetujuan yang telah didapatkan, Perseroan mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat guna meningkatkan tata kelola Perseroan serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis dalam percepatan langkahnya menuju profitabilitas,” kata Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, seluruh agenda RUPST dan RUPSLB yang memerlukan persetujuan pemegang saham telah disetujui, termasuk Laporan Tahunan Perseroan tahun 2022, dan pengesahan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Entitas Anak untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2022.

Pemegang saham disebut juga telah menyetujui mata acara RUPSLB, yaitu penambahan anggota Direksi Perseroan yang dapat menjadi pemegang saham Seri B.

Dalam RUPST, terdapat sejumlah perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang berlaku terhitung sejak RUPST ditutup untuk masa jabatan sesuai ketetapan anggaran dasar Perseroan..

Pertama adalah pengunduran diri Andre Soelistyo selaku Direktur Utama Perseroan dan menunjuk dirinya menjadi Komisaris Perseroan.

Kedua, pengalihan tugas dan wewenang Garibaldi Thohir yang semula menjadi Komisaris Utama Perseroan menjadi Komisaris Perseroan. Ketiga, perubahan posisi Agus D. W. Martowardojo yang semula Komisaris Perseroan menjadi Komisaris Utama Perseroan.

Keempat, menerima pengunduran diri Bapak Patrick Sugito Walujo selaku Komisaris Perseroan dan kemudian mengangkat dirinya sebagai Direktur Utama Perseroan. Terakhir, mengangkat Thomas Kristian Husted sebagai Wakil Direktur Utama Perseroan.

Atas nama Dewan Komisaris, Agus D. W. Martowardojo turut berterima kasih kepada Andre Soelistyo atas dedikasi dalam mengembangkan GoTo menjadi ekosistem digital terbesar Indonesia hingga saat ini.

Secara detail, susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan terdiri dari Komisaris Utama Agus D. W. Martowardojo, Komisaris yang diisi oleh William Tanuwijaya, Andre Soelistyo, Garibaldi Thohir, Winato Kartono, dan Wishnutama Kusubandio. Untuk Komisaris Independen terdiri dari Dirk Van den Berghe, Marjorie Lao, dan Robert Holmes Swan.

Adapun jajaran direksi terdiri dari Direktur Utama Sugito Walujo, Wakil Direktur Utama Thomas Kristian Husted, dan Direktur yang mencakup Wei-Jye Jacky Lo, Catherine Hindra Sutjahyo, Hans Patuwo, Melissa Siska Juminto, Nila Marita, serta Pablo Malay.

Analis: Pergantian direksi GOTO tingkatkan kepercayaan investor

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan rencana pergantian susunan direksi dan komisaris PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diyakini mampu meningkatkan kepercayaan investor.
 
Hadirnya Patrick Walujo sebagai nakhoda perusahaan mencerminkan GOTO sebagai korporasi dengan orientasi fundamental yang kokoh terus berjalan
 
”Kalau kita lihat sosok Patrik Walujo yang akan menjadi Direktur Utama GOTO menurut saya bagus karena melihat dari rekam jejaknya di Northstar. Dia menakhodai perusahaan investasi dengan baik,” kata Nafan melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat.
 
Tak hanya Parick Walujo, Agus Martowardojo yang akan didapuk menjadi Komisaris Utama juga akan semakin memberikan nilai tambah di mata investor domestik maupun global. Apalagi dengan melihat rencana GOTO untuk melakukan private placement dan Initial Public Offerings (IPO) di bursa Internasional.

Lebih lanjut, Nafan menjelaskan sepak terjang Patrick sebagai co-Founder Northstar memang membuatnya lebih dikenal di kalangan investor.
 
Ia dikenal sebagai pemilik saham di sejumlah perusahaan besar. Mulai dari perusahaan publik sampai dengan perusahaan private yang dinilai prospektif. Bahkan sejumlah media sempat menjulukinya “Dewa” investasi.

Hal yang sama, pastinya dilihat Patrick dari perusahaan yang akan dipimpinnya yaitu GOTO sehingga akan membawa manajemen yang positif untuk GOTO guna mampu mengembangkan bisnis secara kontinyu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: GoTo ubah susunan kepengurusan perseroan pasca RUPST 2023

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023