Sebagian orang mulai kembali melancong ke destinasi wisata favorit mereka baik di Indonesia maupun luar negeri setelah sekian lama salah satunya akibat pandemi dan ini menimbulkan fenomena revenge tourism atau perjalanan balas dendam.

Menurut keterangan tertulis, DBS, Senin, momen libur sekolah dan kuliah yang berlangsung pada pertengahan tahun ini turut meramaikan fenomena perjalanan balas dendam ini.

Bagi mereka yang hendak berlibur bersama keluarga, sahabat, teman atau sendirian, berikut lima hal yang sebaiknya diperhatikan agar liburan semakin menyenangkan:

1. Pelajari destinasi wisata yang dituju

Hal mendasar yang sebaiknya dipertimbangkan saat hendak berlibur yakni periode liburan dan anggaran yang dimiliki. Kedua hal itu akan memudahkan calon pelancong untuk menentukan negara tujuan, transportasi, penginapan, pilihan makanan hingga destinasi mana yang akan didatangi.


2. Cari diskon

Ada banyak cara untuk memaksimalkan anggaran termasuk dengan memanfaatkan diskon. Calon pelancong bisa berkunjung ke acara pameran wisata yang biasanya menawarkan berbagai penawaran

3. Siapkan “dompet khusus” untuk perjalanan

Calon wisatawan sebaiknya mempersiapkan anggaran lebih untuk pengeluaran tak terduga atau menahan diri untuk berhenti menghabiskan uang ketika sudah melebihi anggaran yang ditentukan di awal. Pengeluaran itu sulit untuk dilacak apabila seseorang menggabungkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan anggaran bepergian.

4. Jangan sembarangan “pinjam sekarang, bayar nanti’’

Untuk mendapatkan anggaran liburan tambahan, terdapat berbagai fasilitas kredit yang bisa bisa seseorang gunakan. Namun, sebaiknya pastikan dulu kredibilitas pihak pemberi fasilitas pinjaman sehingga calon wisatawan tidak was-was dan dapat menikmati perjalanan seutuhnya.

5. Nikmati perjalanan

Setelah calon wisatawan mempersiapkan segala sesuatu, waktunya untuk menikmati perjalanan. Hargai setiap momen perjalanan dengan melupakan sejenak segala urusan di rumah.





 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perhatikan lima hal sebelum berlibur di masa perjalanan balas dendam

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023