Pemain keturunan Elkan Baggott sudah bergabung mengikuti training center (TC) atau pemusatan latihan di Kota Surabaya, sementara Sandy Walsh dipastikan absen atau tidak bisa bermain dalam laga FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya karena mengalami cedera.

Pantauan ANTARA, Sabtu malam, tampak Elkan Baggott yang merumput bersama klub asal Inggris Cheltenham Town FC sudah mengikuti arahan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Selain Baggott, pemain Timnas yang merumput di Liga Malaysia bersama Sabah FC, Saddil Ramdani, juga sudah berlatih bersama rekan-rekannya yang sudah bergabung terlebih dahulu.

Sementara itu, manajer Timnas Indonesia Sumardji di sela latihan tim mengatakan sejumlah pemain yang belum datang, bau akan bergabunga pada 12 Juni 2023, seperti pemain yang berkarir di luar negeri seperti Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam.

Pria yang juga seorang perwira menengah Polri tersebut berharap kepada kedua pemain dari Persija, yakni Rizky Ridho dan Witan Sulaiman sudah dapat bergabung juga pada 12 Juni 2023.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih menunggu kedatangan sejumlah pemain yang belum bergabung dalam pemusatan latihan di Surabaya.

"Untuk pemain asal Makassar karena masih ada pertandingan dan di luar dari kewenangan saya, saya tidak bisa apa-apa namun karena mereka masih bermain jadi secara fisik masih bagus dan bisa untuk segera bermain," tuturnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga berharap agar seluruh pemain yang telah dipanggil bisa segera memulihkan kondisi fisiknya, terlebih yang masih dalam libur panjang atau yang berada di klub.
Dalam pemusatan latihan hingga hari ke-6, dihadiri 17 pemain yaitu Syahrul Trisna, Andy Setyo, Dimas Drajad, Dendy Sulistyawan, Fachruddin Aryanto, Sandy Walsh, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Kemudian, Edo Febriansyah, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ernando Ari, Stefano Lilipaly, Elkan Baggot dan Saddil Ramdani.

Sementara, Reza Arya, Yacob dan Yance Sayuri dari PSM Makassar akan bergabung setelah menjalani laga Play Off Liga Champion Asia.
 
Sandy Walsh Absen

Pemain Timnas Sandy Walsh dipastikan absen atau tidak bisa bermain dalam laga FIFA Matchday melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya karena mengalami cedera.

"Memang di pikiran saya, Sandy itu sebagai line up pertama, tapi bagaimana lagi tidak bisa dimasukkan," kata pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong usai memimpin latihan di Stadion GBT Surabaya, Sabtu malam.

Sandy mengalami masalah pada kakinya saat mengikuti latihan di Lapangan Thor pada Rabu (7/6) sore.

Saat cedera. pemain keturunan tersebut langsung terbaring di tengah lapangan dan didatangi oleh tim dokter Timnas untuk mendapat perawatan. Sejak itu, Sandy menjalani latihan terpisah dari rekan-rekannya.

Shin Tae-yong sangat menyayangkan Sandy Walsh tidak bisa turun, namun pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap memperbolehkan untuk mengikuti pemusatan latihan.
"Cederanya di bagian betis. Saya dan tim pelatih berusaha agar dia bisa mengikuti pertandingan selanjutnya (lawan Argentina)," ucapnya.

Selain itu, Shin tetap akan menunggu pemain yang belum bergabung untuk segera berlatih bersama tim.

"Untuk pemain asal Makassar karena masih ada pertandingan dan di luar dari kewenangan saya, saya tidak bisa apa-apa namun karena mereka masih bermain jadi secara fisik masih bagus dan bisa untuk segera bermain," tuturnya.

Sementara itu, Manajer Timnas Indonesia Sumardji memastikan masalah yang dialami pemain kelahiran Belgia tersebut bukan cedera lama, melainkan baru dan masih bisa ditangani.

"Untuk hasil MRI-nya memang ada sedikit cedera, masih bisa ditangani," kata perwira menengah Polri tersebut.

Pantauan ANTARA saat latihan Sabtu malam, Sandy berlatih terpisah dan melakukan latihan ringan di pinggir lapangan bersama salah seorang ofisial.

Pemilik nama lengkap Sandy Henny Walsh tersebut tampak melakukan peregangan dengan senam-senam ringan pada bagian kaki.
Sandy Walsh sebenarnya telah menunggu debutnya bersama Timnas Indonesia, terlebih dirinya bertanding di kampung halaman kakeknya, Surabaya.

Ia sempat berharap debutnya bersama Timnas Indonesia bisa mempersembahkan pertandingan yang memuaskan bagi para penggemar sepak bola Tanah Air.

"Saya akan berusaha mempersembahkan pertandingan yang baik bagi penggemar dan seluruh suporter Indonesia," tuturnya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Elkan Baggott sudah gabung TC Timnas di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023