Antarajawabarat.com, 23/8 - Sebanyak 130 atlet panjat tebing dari sejumlah provinsi di Indonesia turun pada Kejuaraan Panjat Tebing 'Eiger Independece Sport Climbing Competition 2013 di Lokasi Panjat Dinding Eiger di Kota Bandung, 23-25 Agustus 2013.

"Pemanjat tebing top nasional turun di kejuaraan ini sehingga persaingan cukup kompetitif. Kejuaraan ini rutin digelar setiap tahun di Bandung," kata Ketua Panpel EISCC 2013 Dadan Herdiyana di Bandung, Jumat.

Beberapa atlet yang ambil bagian adalah pemanjat tebing handal antara lain peraih medali emas SEA Games 2011 Amri, peraih emas PON 2012 Riau, Nurmansyah dan Rindi yang baru tutun di ajang Kejuaraan Dunia 2013.

Sedangkan di kelompok putri ada Uji Ayu dan Aan yang akan bersaing dengan atlet-atlet top daerah lainnya dari Sumur, Sumel, DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Yogyakarta, Kalbar, Kepri, Kaltim, Sulsel, Sulteng, Bali serta dari beberapa daerah lainnya untuk memperebutkan hadiah total Rp36 juta.

"Nomor yang dipertandingkan kali ini adalah nomor lead atau kesulitan dan nomor kecepatan atau speed. Konsentrasi kami di dua nomor ini," kata Dadan.

Dalam tiga hari lomba, setiap peserta akan bersaing untuk lolos ke babak semifinal yang menyiapkan 28 tempat serta babak final akan mempertandingkan delapan pemanjat tebing dengan nilai terbaik. Babak final akan digelar pada Minggu (25/8).

"Tahun 2013 ini kami masih menggelar nomor lead dan speed putra dan putri, sedangkan tahun 2014 kami berencana menambah nomor pertandingan dengan kategori yunior dan nomor boulder," kata Dadan.

Kejuaraan panjat tebing di kawasan Jalan Sumatera Kota Bandung itu juga dimeriahkan dengan aksi 'slake lining' yang diikuti oleh beberapa peserta aktraksi yang memberikan aksi ektremnya di ata tali yang berayun-ayun.

Selain itu para pengunjung juga akan ditantang untuk mencoba jalur lintasan panjatan di salah satu sudut arena itu.***4***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013