Antarajawabarat.com, 22/8 - KONI Kota Bandung menggandeng FPOK UPI Bandung dalam pengecekan kondisi fisik atlet Kota Kembang yang disiapkan untuk Pelatda Porda 2014.

"Pengecekan kesehatan dan fisik atlet akan dilakukan pekan ini, kami bekerja sama dengan FPOK UPI Bandung," kata Ketua II Bidang Binpres KONI Kota Bandung Nurhasan di Bandung, Kamis.

Menurut Nurhasan, para atlet yang menjalani test fisik itu merupakan atlet Pelatda yang akan digenjot untuk siap turun pada babak kualifikasi Porda Jabar 2013.

Pelaksanaan test kesehatan dan fisik itu akan dilakukan di FPOK UPI Bandung di kawasan Cicahuem Bandung. Setiap atlet akan menjalani test endurance, kesehatan, pengecekan otot, jantung serta beberapa elemen lainnya.

"Test ini untuk memastikan atlet Jabar layak tanding di Porda dan siap menghasilkan prestasi maksimal," kata Nurhasan.

Pelaksanaan test dilakukan oleh atlet non Pelatnas, sedangkan atlet yang saat ini tergabung di Pelatnas akan dilakukan di kemudian hari.

"Atlet Pelatnas kan sudah memenuhi kriteria dan syarat untuk berlatih dan bertanding," kata Nurhasan.

Pada Porda Jabar 2014 yang akan digelar di Kabupaten Bekasi, Kontingen Kota Bandung yang juga juara umum pada Porda 2010 di Bandung menargetkan untuk mempertahankan hasil yang diraih di Bandung.

Nurhasan menyebutkan, ia sudah mengantongi peta kekuatan atlet Jawa Barat saat ini dan diperkirakan masih belum berubah, termasuk kekuatan Kabupaten Bandung yang saat ini sudah terpisah dengan Kabupaten Bandung Barat.

"Kami tetap mengantisipasi munculnya atlet-atlet muda dari sejumlah daerah, dan bila itu terjadi maka ada titik cerah pembinaan atlet di Jabar. Kota Bandung juga siap memunculkan atlet yang akan bersinar di Porda 2014," kata Nurhasan.

Namun demikian, Nurhasan menyebutkan kemungkinan lejitan atlet tuan rumah Kabupaten Bekasi. Berposisi sebagai tuan rumah, biasanya memberikan motivasi lebih bagi para atletnya untuk berprestasi di kandang sendiri.

"Kami mempunyai kekuatan atlet yang merata di setiap cabang, dan dipastikan turun di semua nomor pertandingan, yakni 43 cabang olahraga," kata Ketua Bidang Binpres KONI Kota Bandung itu menambahkan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013