Kabupaten Bandung Barat memperingati hari jadi ke-16 dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai dari pemeriksaan kesehatan gratis, khitanan massal, distribusi sembako, pemberian bantuan merdeka bersalin, hingga memfasilitasi UMKM mendapat izin PIRT.

Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan layanan sampai dengan memfasilitasi perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) bagi UMKM ini, dilaksanakan di beberapa kecamatan dengan dipadukan bersama acara jalan santai dan senam sehat, sebagai aksi nyata pada masyarakat.

"Konsep peringatan hari jadi tahun ini adalah aksi nyata kami kepada masyarakat dengan mendekatkan berbagai layanan publik yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," kata Hengki usai menghadiri rangkaian Peringatan Hari jadi Ke-16 Kabupaten Bandung Barat tingkat Kecamatan Padalarang, Sabtu.

Dikatakannya, ribuan warga Kecamatan Padalarang turut hadir memeriahkan kegiatan yang dimeriahkan dengan berbagai hiburan serta doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

Menurut Hengki, untuk menggelar kegiatan yang meriah seperti berbagai rangkaian Peringatan Hari jadi Ke-16 Kabupaten Bandung Barat ini tidak melulu harus menggunakan uang APBD, terlebih di kala keuangan Pemda tengah dilanda defisit seperti saat ini.

Ada banyak celah yang dapat dijadikan sumber anggaran tanpa harus mengganggu keuangan daerah. Salah satunya dengan kolaborasi pentahelix melalui sponsorship dari pihak swasta yang ingin turut berpartisipasi memberikan kontribusi terbaiknya bagi Kabupaten Bandung Barat.

"Alhamdulillah, peringatan hari jadi tahun ini tetap dapat dilaksanakan dengan meriah berkat kolaborasi dengan pihak swasta dalam bentuk sponsorship yang tentunya dapat saling menguntungkan. Dan ini perlu disosialisasikan lebih jauh agar tidak menimbulkan kecurigaan seluruh pihak termasuk masyarakat," tuturnya tanpa mendetilkan defisit anggaran.

Melalui Peringatan Hari Jadi Ke-16 ini, Hengki berharap kehadiran Pemerintah Daerah dapat lebih dirasakan oleh masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya.

"Semoga kita semua sehat terus dan masyarakat Bandung Barat dapat merasakan kehadiran kami (Pemda) dalam setiap aspek kehidupannya dan bisa lebih sejahtera," ujarnya menambahkan.*


Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023