Manchester United memastikan diri finis peringkat tiga setelah mengalahkan Fulham 2-1 dalam pertandingan terakhir Liga Inggris musim ini di Old Trafford, Minggu.

Fulham sempat unggul terlebih dahulu berkat gol Kenny Tete sebelum MU membalikkan keadaan melalui dua gol yang dicetak oleh Jadon Sancho dan Bruno Fernandes.

Kemenangan ini memastikan MU mengakhiri musim dengan menempati peringkat tiga klasemen dengan 75 poin dari 38 pertandingan. Sedangkan Fulham finis di papan tengah atau posisi 10 dengan mengumpulkan 52 poin dari 38 laga, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

MU tampil ganas sejak pertandingan dimulai dan terus memberikan ancaman ke gawang Fulham, tetapi justru tim tamu yang mencuri gol terlebih dahulu pada menit ke-19. Dari sepak pojok Willian di sayap kiri, Kenny Tete menaklukkan David de Gea dengan tandukan di tiang dekat.

Fulham memiliki kesempatan emas untuk menggandakan keunggulan setelah wasit menunjuk titik putih karena Tom Cairney dilanggar Casemiro. Mitrovic maju sebagai eksekutor, tetapi tendangannya terbaca De Gea.

MU meningkatkan intensitas untuk mengejar ketertinggalan. Tim tuan rumah akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-39 berkat gol Jadon Sancho.

Bruno Fernandes memberikan umpan terobosan kepada Fred, bola justru mengarah ke Sancho yang kemudian diteruskan dengan sontekan di depan gawang. Skor menjadi 1-1.

MU bisa membalikkan keadaan di babak kedua berkat gol Bruno Fernandes pada menit ke-55.
Fred memberikan umpan jeli ke Fernandes yang berhasil lolos dari pengawalan pemain lawan. Gelandang Portugal itu kemudian tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Bernd Leno sebelum memasukan bola ke gawang Fulham. MU balik unggul 2-1.

Fulham gagal menyamakan kedudukan setelah tendangan Cairney dari jarak dekat diblok oleh Scott McTominay.

Memasuki lima menit terakhir, De Gea membuat penyelamatan bagus saat menepis tendangan Solomon dari luar kotak penalti.

MU gagal menambah keunggulan mereka hingga wasit meniup peluit panjang. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Leicester dan Leeds Degradasi

Leicester City dan Leeds United menyusul Southampton degradasi ke kasta kedua EFL Championship setelah hasil-hasil pertandingan pada pekan terakhir, pekan ke-38, Liga Premier Inggris.







View this post on Instagram









 

A post shared by Premier League (@premierleague)

Leicester dan Leeds adalah dua nama baru yang dipastikan turun kasta di pekan terakhir EPL. The Foxes, julukan Leicester menang 2-1 di laga terakhir melawan West Ham United di King Power Stadium, Minggu malam WIB.

Gol Harvey Barnes sempat membawa Leicester naik ke posisi 17 klasemen sementara atau satu tingkat di atas zona degradasi saat babak pertama selesai ketika di waktu yang bersamaan Everton masih bermain imbang dengan AFC Bournemouth di 45 menit pertama.


Hasil sementara ini membuat Leicester berada di peringkat 17 dengan 34 poin, unggul selisih gol dari Everton yang ada di posisi 18 dengan poin yang sama.

Babak kedua berjalan, Leicester kembali turun ke posisi 18 saat Abdoulaye Doucoure mencetak gol di menit ke-57. Everton menang 1-0 dari Bournemouth dan hasil ini membuat kemenangan tim yang kini dilatih Dean Smith itu tidak ada artinya.

The Toffees, julukan Everton kembali naik ke posisi 17 dengan 36 poin, sedangkan The Foxes kembali menempati posisi 18 dengan 34 poin.

Dengan hasil ini, maka petualangan sembilan musim tim pemilik gelar juara Liga Inggris 2015/2016, FA Cup 2020/2021, dan Community Shield 2021/2022 itu di kasta tertinggi sejak telah usai.

Sementara itu, The Whites, julukan Leeds menelan kekalahan 1-4 dari Tottenham Hotspur pada pekan terakhir EPL di Elland Road Stadium, Minggu malam WIB.

Hasil ini membuat tim asuhan Sam Allardyce itu menghuni posisi 19 klasemen akhir Liga Inggris setelah hanya mengumpulkan 31 poin dan harus menerima kenyataan turun kasta ke kasta kedua setelah tiga musim berturut-turut berkiprah di kasta tertinggi.

Sementara itu, tim-tim EFL Championship yang promosi ke EPL adalah Burnley, Sheffield United, dan Luton Town.

Adapun, Burnley dan Sheffield promosi ke EPL karena finis di posisi pertama dan kedua klasemen akhir EFL Championship 2022/2023, sedangkan Luton Town promosi ke EPL melalui babak play-off setelah mengalahkan Coventry City di final lewat drama adu penalti dengan skor 5-6.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kalahkan Fulham 2-1, Manchester United finis peringkat tiga klasemen

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023