Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan ketersediaan bahan pangan mencukupi dan pergerakan harga masih di rentang yang terkendali di bulan Ramadhan.

"Persiapan lebaran hampir 90 persen on the track. Mudahan-mudahan tidak ada masalah apa-apa. Kemudian ketersediaan pangan cukup, sampai hari ini harga masih terkendali," kata Zulkifli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Zulkifli menyampaikan hal tersebut setelah rapat yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat ini dengan agenda ketersediaan bahan pokok dan persiapan mudik Lebaran 1444 H.

Menurut Zulkifli, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan arahan khusus agar Perum Bulog dapat segera menyerap gabah dan beras dari para petani.

"Khusus tadi arahan Bapak Presiden agar Bulog menyerap gabah atau beras masyarakat dr petani semaksimal mungkin sebanyak-banyaknya," kata Mendag.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan stok bahan pangan dalam Ramadhan dan Lebaran terjaga.

Namun, dia mengakui ada beberapa komoditas yang menunggu kedatangan dari suplai impor seperti daging kerbau. Selain pengadaan komoditas yang memerlukan impor tersebut, ujar dia, stok pangan lainnya mencukupi.

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023