Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi berawan pada Selasa.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Selasa, cuaca berawan diprakirakan akan terjadi di sejumlah daerah, yakni Serang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Palangka Raya, Medan, Gorontalo, Banjarmasin, Tanjung Selor, Kupang, Makassar, Kendari, Manado, Jayapura, dan Manokwari.

Kemudian cuaca cerah berawan diprediksi terjadi di daerah Banda Aceh, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Padang, Denpasar, Mataram, dan Sofifi.

BMKG memprakirakan cuaca kabut menggelayuti sejumlah daerah seperti Jambi, Pontianak, Lampung, Pekanbaru, dan Palembang.

Hujan petir diprakirakan terjadi di wilayah Samarinda.

Hujan lebat diprediksi akan turun di Mamuju hari ini. Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan turun di wilayah Palu.

Sementara cuaca cerah diprakirakan akan menghiasi langit di Ambon.
Pancaroba

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memrakirakan laut selatan Jawa Barat hingga Daerah Istimewa Yogyakarta akan segera memasuki masa pancaroba atau transisi dari musim angin baratan menuju musim angin timuran.

"Kalau dilihat dari kondisi angin, saat ini masih dominan angin baratan dan masih ada sistem tekanan rendah di sekitar timur laut Australia," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jawa Tengah, Selasa.

Kendati demikian, dia mengatakan berdasarkan pengamatan, di belahan bumi utara khususnya sekitar perairan Filipina sudah mulai muncul sistem tekanan rendah.

Dengan demikian, kata dia, potensi perubahan atau transisi dari musim angin baratan menuju musim angin timuran atau yang biasa disebut dengan masa pancaroba diprakirakan akan segera berlangsung pada pertengahan hingga akhir Maret 2023.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia berawan pada Selasa

Pewarta: Anita Permata Dewi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023