Antarajawabarat.com,15/5 - Pilkada Kota Bandung akan digelar di 4.119 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan disebar di 30 kecamatan di Kota Kembang.

"Pikada Kota Bandung akan digelar 23 Juni 2013 di 4.119 TPS, sedangkan jumlah pemilih berdasarkan rekapitulasi terakhir sebanyak 1.658.808 hak pilih," kata Ketua Umum KPU Kota Bandung Apipudin di Bandung, Rabu.

KPU Kota Bandung menggelar Rapat Pleno Terbuka Pilkada Kota Bandung yang digelar 23 Juni 2013. Namun dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bandung pada Pilkada Jawa Barat menurun dimana saat itu DPT sebanyak 1.703.409 hak pilih.

Dari jumlah hak pilih yang telah terdaftar yakni pemilih pria sebanyak 830.221 orang dan pemilih perempuan 828.587 orang.

"Bagi yang belum terdaftar sebagai pemilih, sesuai dengan aturan yang ada Panwaslu dan tim kampanye dapat merekomendasikan usulan dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," katanya.

Usulan tersebut, kata Apipudin diajukan ke KPU untuk disetujui. Oleh karena itu warga yang belum terdaftar untuk segera mengecek namanya di DPT.

Saat ini Pilkada Kota Bandung 2013 telah sampai pada tahapan sosialisasi. Jumlah kandidat sebanyak delapan pasangan calon yakni empat pasangan dari jalur perseorangan dan empat pasangan kandidat lainnya dari partai politik.

Pasangan kandidat itu adalah Edi Siswadi - Erwan Setiawan (Demokrat,PPP,Hanura), Wahyudin Karnadinata - Toni Aprilani (perorangan), Wawan Dewanta - HM Sayogo (perorangan), Ridwan Kamil - Oded HM Danial (PKS, Gerindra, non parlemen), Ayi Vivananda - Nani Suryani Rosada (PDIP, PAN), MQ Iswara - Asep Deddy Ruyadi (Golkar, non parlemen), Budi Dalton Setiawan - Rizal Firdaus (perseorangan), Bambang Setiadi - Alex Tahsin (perseorangan).

Sementara itu tahapan kampanye akan dimulai pada 6 Juni 2013 selama dua pekan. ***1***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013