Antarajawabarat.com, 18/3 - Pengda Perbasi Jawa Barat akan mengusulkan format babak kualifikasi cabang olahraga itu untuk Porda Jabar 2014 dengan sistem pengundian untuk menetapkan grup.

"Penetapan grup untuk babak kualifikasi akan diusulkan secara diundi, sehingga akan tercipta iklim kompetitif dan mengetahui peta pembinaan," kata Sekum Pengda Perbasi Jawa Barat Teddy Haryadi di Bandung, Senin.

Sistem baru yang akan diusulkan itu, kata Teddy, dalam rangka memberikan iklim kompetisi terhadap peserta.

Selama ini, pembagian grup dengan sistem rayonisasi atau geografis kabupaten dan kota masing-masing.

"Dengan sistem baru melalui pengundian grup, maka tim yang selama ini tidak pernah bertemu dalam kualifikasi bisa bertemu di kualifikasi, dan itu penting untuk peta pembinaan, siapa daerah yang membina dan mana yang tidak serius," kata Teddy.

Ia mencontohkan, tim Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis yang biasanya bersaing dalam babak kualifikasi di tingkat rayon, dengan sistem pengundian grup bisa tertemu dengan Bogor atai Bekasi.

"Kami akan sosialisasikan kepada Pencab Perbasi Kabupaten Kota," katanya.

Dari sisi anggaran atau biaya, katanya, sistem baru itu tidak akan jauh berbeda dengan sistem rayon. Di sisi lain memberi kesempatan atlet daerah untuk bertemu dengan tim-tim dari daerah yang selama ini tidak mereka jumpai pada babak kualifikasi.

Dua tim sudah dipastikan lolos ke porda, yakni Kota Bandung sebagai juara bertahan dan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah. Dua tim itu secara otomatis lolos tanpa harus melalui babak kualifikasi.

Porda Jabar 2014 rencananya di Kabupaten Bekasi pada September 2014.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013