Antarajawabarat.com, 21/2 - PT Semen Indonesia menargetkan produksi sebesar 36,5 juta ton semen pada 2016 setelah dua pabrik baru di Sumatera Barat dan Jawa Tengah dioperasikan, kata General Manager Pengembangan dan Pemasaran Semen Indonesia, Bambang Djoko Sulistiyo di Bandung, Kamis.

"Pada kuartal I 2013 ini akan memulai pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah dengan kapasitas 3 juta ton semen per tahun kemudian di Padang. Dengan tambahan pabrik baru ini, Semen Indonesia menargetkan mampu memproduksi 36,5 juta ton semen per tahun pada 2016," kata Bambang Djoko pada temu pelanggan di Graha Manggala Siliwangi Kota Bandung itu.

Sepanjang tahun 2012, penjualan Semen Indonesia mencapai 22,5 juta ton semen, meningkat 14,7 persen dibanding capaian 2011 sebesar 19,6 juta ton.

Industri semen nasional sendiri pada tahun lalu berhasil menjual 55 juta ton, tumbuh 14,5 persen dibanding 2011 sebesar 48 juta ton. Semen Indonesia masih menjadi market leader dengan penguasaan pasar sekitar 41 persen.

"Pertumbuhan semen nasional setiap tahun akan mencapai rata-rata 6 persen hingga 10 persen. Kami mengantisipasi tingkat pertumbuhan tersebut dengan terus membangun pabrik baru," katanya.

Sementara untuk di wilayah Jawa Barat, penjualan Semen Indonesia mencapai 1,6 juta ton semen sepanjang tahun 2012, meningkat empat persen dibanding capaian pada tahun 2011.

Untuk tahun 2013, Semen Indonesia menargetkan kenaikan penjualan sebesar 10 persen dibanding tahun 2012 untuk wilayah Jawa Barat. Pada bulan Januari 2013 penjualan di wilayah Jawa Barat mencapai 161 ribu ton semen.

Sementara itu untuk memacu penjualan dan apresiasi kepada costumer , Semen Indonesia memberikan anugerah "Best Costumer Award 2013" kepada costumer di seluruh Indonesia, termasuk 15 toko bangunan terbaik di Jawa Barat yang disampaikan di Graha Manggala Siliwangi Kota Bandung.

"Costumer Award 2013 ini bentuk apresiasi Semen Indonesia kepada para pelanggannya yaitu toko-toko bangunan di Jawa Barat yang merupakan ujung tombak kami di lapangan," kata di Bandung, Kami.

Pada acara yang digelar di sela-sela temu pelanggan itu terpilih 15 toko terbaik yang mendapatkan best customer award yang mewakili hampir seluruh wilayah di Jawa Barat mulai dari wilayah Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Karawang dll.

"Selain kepada para toko, Semen Indonesia juga secara intens melakukan pembinaan kepada para tukang bangunan melalui program sertifikasi tukang yang telah dilaksanakan mulai tahun 2007 dan terus dilakukan sampai saat ini," kata Bambang Djoko menambahkan.***4***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013