Polda Metro Jaya kembali memberangkatkan 48 Polisi Wanita (polwan) untuk memperkuat tim Trauma Healing Polwan yang bertugas Posko Bencana Gempa Bumi di Cianjur, Jawa Barat.

“Tujuan dari adanya relawan ini agar para korban yang mengalami musibah gempa dapat kembali beraktivitas seperti biasa dan menghilangkan stres serta trauma dampak dari musibah,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Langgeng Purnomo di Jakarta, Rabu.

Langgeng menjelaskan, secara total ada 95 personel yang diberangkatkan hari ini. Mereka terdiri dari 17 personel Ditsamapta, 30 personel relawan dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan 48 Polwan Polda Metro Jaya.

Tim Trauma Healing tersebut dikirimkan untuk memberikan pendampingan psikologi bagi para korban yang terdampak trauma akibat gempa bumi di Cianjur, khususnya anak-anak.

"Bantuan yang diberikan juga berupa makanan dan mainan kepada anak anak," kata Langgeng.

Pemberangkatan kali ini adalah gelombang ketiga pemberangkatan personel dan relawan oleh Polda Metro Jaya dalam penanganan pascagempa Cianjur, Jawa Barat.

Pada Jumat (14/11) Polda Metro Jaya memberangkatkan gelombang pertama relawan dengan total 1.032 relawan yang terdiri dari 312 tenaga kesehatan, 689 tenaga non kesehatan dan 31 relawan dokumentasi.

Pada gelombang pertama tersebut, Polda Metro Jaya turut mengirimkan bantuan antara lain bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, karpet, terpal dan peralatan mandi. Obat-obatan, beras, susu, masker, pembalut wanita, sandal dan kebutuhan anak.

Polda Metro Jaya turut mengirimkan perlengkapan tidur seperti selimut dan perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena dan sebagainya. Barang tersebut diperlukan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya akibat bencana.
Kemudian pada Senin (28/11), Polda Metro Jaya memberangkatkan gelombang kedua relawan yang terdiri dari 25 tenaga kesehatan (nakes) dan tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Metro Jaya ke Cianjur.

Pada gelombang kedua tersebut Polda Metro Jaya juga memberangkatkan bantuan kebutuhan pokok seperti susu bayi, makanan pengganti ASI, selimut, popok bayi (pampers), disinfektan dan perlengkapan MCK (mandi, cuci, kakus).

Selain itu perlengkapan ibadah, perkakas kelistrikan, tempat tidur lipat (velbed) serta toilet dan tangki air portabel.

Sebelumnya Polda Metro Jaya mengirimkan 25 relawan medis terdiri dari tenaga kesehatan dan tim dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Metro Jaya untuk memberikan pertolongan medis kepada warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Ada sekitar 25 relawan yang terdiri dari 15 relawan tenaga kesehatan dan 10 relawan non tenaga kesehatan yang akan membantu meringankan beban dan membangkitkan semangat masyarakat," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Senin.

Relawan yang tergabung dalam organisasi “Siap Bergerak” tersebut akan bertugas memberikan pertolongan medis dan distribusi bantuan lewat wadah “Posko Tanggap Bencana Polda Metro Jaya”.

Selain relawan dan tim medis, Polda Metro Jaya juga kembali memberangkatkan personel SAR dari Satuan Brimob dan Sabhara Polda Metro Jaya.

Fadil menyatakan semua itu disiapkan untuk memastikan proses pendistribusian bantuan dapat berjalan dengan baik dan menjangkau semua lokasi korban terdampak gempa.

Lebih lanjut dia mengatakan tim Polda Metro Jaya yang diberangkatkan kali ini akan mengutamakan penanganan gangguan stres pascatrauma (post traumatic stress disorder/ PTSD) dan pemulihan trauma (trauma healing) untuk korban gempa Cianjur.
“Tentunya, rehabilitasi baik dari sisi materiil dan sisi moril masyarakat membutuhkan waktu. Butuh proses untuk mengembalikannya seperti sediakala,” ujarnya.

Selain relawan medis dan tim SAR, Polda Metro Jaya juga kembali memberangkatkan bantuan kebutuhan pokok seperti susu bayi, makanan pengganti ASI, selimut, popok bayi (pampers), disinfektan, perlengkapan MCK (mandi, cuci, kakus), perlengkapan ibadah, perkakas kelistrikan, tempat tidur lipat (velbed), serta toilet dan tangki air portabel.

“Kami berharap bantuan kemanusiaan logistik serta tenaga dari rekan-rekan relawan ini mampu untuk memberikan asa dan harapan kepada masyarakat Cianjur. Dengan bergerak bersama, kita rangkul dan berikan trauma healing dengan sepenuh hati kepada masyarakat Cianjur,” pungkasnya.

Polda Metro Jaya juga mengirim bantuan kemanusiaan dan memberangkatkan relawan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana gempa bumi di Cianjur,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Mako Polda Metro Jaya, Kamis.

Bantuan kemanusiaan yang dikirim antara lain bahan pokok makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, karpet, terpal dan peralatan mandi. Obat-obatan, beras, susu, masker, pembalut wanita, sandal dan kebutuhan anak.

Fadil juga mengatakan, Polda Metro Jaya turut mengirimkan perlengkapan tidur seperti selimut dan perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena dan sebagainya. Barang tersebut tentunya diperlukan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya akibat bencana.

"Masyarakat Cianjur saat ini sedang membutuhkan uluran tangan kita semua, baik dukungan secara materiil maupun moril. Saat ini saudara-saudara kita di Cianjur banyak yang membutuhkan kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal yang layak," ujarnya.

Fadil juga mengatakan Polda Metro Jaya turut memberangkatkan relawan dari organisasi kemanusiaan "Siap Bergerak" sejumlah 1.032 relawan. Relawan terdiri dari 312 tenaga kesehatan, 689 tenaga non kesehatan dan 31 relawan dokumentasi.

Jenderal polisi berbintang dua itu mengatakan, meskipun Cianjur bukan dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya, hal itu tidak menjadi hambatan dalam aksi kemanusiaan dan berbagi kepada sesama.

Dia berharap bantuan dari Polda Metro Jaya ini dapat meringankan beban serta bermanfaat bagi masyarakat terdampak gempa di Cianjur.

“Semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Cianjur dan sekitarnya selalu diberikan kesehatan, ketabahan serta lekas bangkit dari luka dan yang lainnya," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Metro kirim Polwan untuk tim pemulihan trauma gempa Cianjur

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022