Antarajawabarat.com, 27/1 - Menko Perekonomian Hatta Rajasa bergabung dan menggelar dialog dengan warga di ajang "Car Free Day" di kawasan Jalan Dago Kota Bandung, Minggu.

Selain Hatta, hadir pula Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan, mantan Sekda Jabar Leks Laksamana, serta sejumlah entertainer muda yang tergabung dalam komunitas Hattanomic Community Bandung.

Sebelumnya, Hatta Rajasa yang jebolan ITB itu juga sempat melakukan senam bersama masyarakat yang hadir di kawasan car free day Dago, tepatnya di depan Hotel Geulis.

Sejumlah kegiatan juga hadir di kawasan itu seperti pentas senim BMX dan Skateboard Competition, permainan, penandatanganan spanduk komitmen, serta pembagian pin dan kuesioner.

Sementara itu, dalam dialog dengan warga Bandung, Hatta Rajasa dengan gaya santai menanggapi pertanyaan dari khalayak yang hadir dalam kegiatan itu. Tema sentral diskusi itu adalah peningkatan minat untuk terjun ke dunia usaha dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

"Sumber daya alam Indonesia begitu kaya, termasuk di Jawa Barat. Ke depan jangan lagi menjual mentah ke luar negeri, namun perlu diolah terlebih dahulu untuk menjadi bahan baku atau bahan jadi sehingga produk kita bisa bernilai dan berdaya saing," kata Hatta Rajasa.

Pada kesempatan itu, dia menyebutkan perlunya jiwa kewirausahaan untuk bisa mendorong optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam Indonesia, baik dari sektor pertanian, pertambangan, maupun energi.

"Dengan jiwa wirausaha dan budaya entrepreneur yang terus dipupuk, akan mendorong sebuah pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan kuat," kata Hatta Rajasa.

Pada kesempatan itu, seorang mahasiswa juga mengharapkan Menko Perekonomian terus mendorong program entrepreneurship di kalangan mahasiswa di sejumlah kampus di Indonesia sekaligus meningkatkan fasilitasi dan memberikan peluang lebih luas lagi kepada para pelaku usaha muda.

Pada kesempatan itu, pria kelahiran 18 Desember 1953 itu memberikan beberapa tips bagi wirausaha muda untuk mengawali usahanya dan agar tidak takut terjun sebagai dunia usaha.

Selain itu, Comumitas Hattanomic Bandung juga menggelar diskusi dan workshop yang bertema wirausaha dengan menampilkan pembicara Fauzi Rahmanto dan Jodi serta segmen digital marketing yang menampilkan pembicara Jose dan Cipta.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013