ANTARAJAWABARAT.com, 16/1 - Pengda Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Barat membidik prestasi dunia dengan mencetak atlet-atlet dan kegiatan otomotif berkelas dunia.

"Prestasi kelas dunia merupakan bidikan bersama, melahirkan atlet berkualitas dan mampu berkompetisi di tingkat internasional dan menggelar kegiatan otomotif berkelas dunia," kata Ketua Pengda IMI Jabar periode 2013-2018 Rio Teguh pada Musyawarah IMI Jabar di Bandung, Rabu.

Garapan besar IMI Jabar itu, kata Rio dilandasi dan dikuatkan dengan mengakomodasikan seluruh potensi otomotif daerah baik tingkat pengurus cabang dan klub bermotor yang ada di Jabar.

Rio Teguh yang juga putra mantan Gubernur Jabar H Danny Setiawan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengda IMI Jabar menggantikan ketua lama H Oke Djundjunan yang mengakhiri masa bakti periode keduanya.

"Banyak garapan dan tantangan yang harus dituntaskan, salah satunya mengubah regulasi yang memungkinkan penyelenggaraan ajang kejuaraan otomotif di daerah bisa lebih mudah sehingga bibit-bibit muda bisa terakomodir dan mendapat ajang kompetisi," kata Rio Teguh.

Rio yang merupakan atlet off road itu menyatakan telah menyusun program jangka pendek, menengah dan jangka panjang untuk mengejar misi pencapaian prestasi dunia itu.

Menurut Rio, Jabar memiliki sejarah prestasi di bidang otomotif baik di motokros, gokart, road race, off road dan belakangan maraknya klub trail yang memiliki agenda rutin namun belum terakomodasikan.

"Potensi itu menjadi kekuatan bagi IMI Jabar, kita kejar prestasi serta tetap mengembangkan trend otomotif untuk mendapatkan wadah yang memungkinkan kegiatan mereka bisa berjenjang," kata Rio yang juga mantan manajer Tim PON XVIII/2012 Jabar itu.

Lebih lanjut, Rio menyebutkan, mempertahankan prestasi olahraga bermotor Jabar bukan hal mudah. Prestasi terakhir Jabar adalah menjadi Juara Umum cabang balap motor pada PON XVIII/2012 dimana Jabar meraih dua medali emas dari empat medali emas yang diperebutkan.

"Potensi atlet muda Jabar luar biasa di semua cabang otomotif, dan diharapkan dengan adanya regulasi yang lebih fleksibel memungkinkan potensi itu bisa berkembang dan berbuah prestasi bagi Jabar,"kata Rio.

Sementara itu mantan Ketua Pengda IMI Jabar periode 2004-2012, Oke Djundjunan menyatakan harapannya ke depan IMI Jabar lebih berprestasi lagi. Ia optimis dengan kebersamaan antara Pengda IMI, Pencab dan klub olahraga bermotor di Jabar bisa membuahkan hasil yang lebih baik.

"Potensi olahraga bermotor di Jabar melimpah, dan saya kira Pengda IMI Jabar dibawah kepemimpinan Rio Teguh bisa mengoptimalkannya, terlebih ia berasal dari seorang atlet otomotif," kata Oke.

Musyawarah IMI Jabar dikuti oleh perwakilan dari Pengda IMI Jabar, Pencab serta sejumlah klub otomotif di Jabar.***4***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013