Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Banten akan melakukan pendampingan lebih awal kepada Pemkab Bandung Barat seusai dilakukan penandatangan nota kesepakatan terkait penerapan aplikasi Porprov Pemkot Tangerang.

"Aplikasi PorProv akan segera kita berikan, tentu diiringi dengan pendampingan lebih lanjut, untuk pemaksimalan penggunaan yang sesuai atau diinginkan Kabupaten Bandung Barat,” kata Kepala Diskominfo, Kota Tangerang, Indri Astuti di Tangerang Senin.

Ia mengatakan Pemkot Tangerang terbuka untuk wilayah atau instansi mana pun yang ingin mereplikasi aplikasi dan diberikan secara gratis. "Kita siap kolaborasi," katanya.

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyampaikan terimakasih kepada Kota Tangerang yang sudah mensuport Kabupaten Bandung Barat dalam menghadapi Porprov.

Usai mendapat penjelasan terkait inovasi e-government Kota Tangerang, Ia pun tertarik untuk menerapkan aplikasi-aplikasi lainnya milik Kota Tangerang.

“Sejauh ini, Kabupaten Bandung Barat lebih fokus pada infrastruktur, tapi jika bisa melakukan pengembangan yang lain seperti ini dan gratis kenapa tidak. Saya akan terapkan aplikasi Kota Tangerang demi pelayanan yang baik dan cepat di Kabupaten Bandung Barat. Kita tidak malu untuk belajar, karena ASN sudah tidak boleh bertele-tele, pelayanan harus semakin dekat dan cepat ke masyarakat,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendapat kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat, di Ruang Tangerang Live Room, Puspem Kota Tangerang, Senin (24/10/22).

Kunjungan dipimpin Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan dan diterima langsung Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah beserta jajaran. Wali Kota Tangerang juga turut memaparkan terkait dunia Pemerintahan elektronik atau e-government milik Pemkot Tangerang.
 
Sebelumnya dilaporkan

Pemerintah Bandung Barat akan melakukan replikasi website Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten sebagai persiapan tuan rumah perhelatan olahraga serupa di Provinsi Jawa Barat.

"Berkenaan dengan kegiatan yang bersamaan di tingkat provinsi masing-masing, yaitu Porprov, kami melakukan kunjungan untuk dapat bekerja sama mengenai sistem website yang sudah berjalan di Dinas Kominfo Kota Tangerang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bandung Barat Ludi Awaludin dalam keterangannya usai melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Kota Tangerang di Tangerang Live Room, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Indri Astuti menyambut baik kedatangan dari Dispora Kabupaten Bandung Barat.

Selain memberikan informasi mengenai aplikasi website, kata dia, akan ada perjanjian kerja sama antarkepala daerah, kemudian perjanjian kerja sama antarkepala dinas terkait.

Dinas Kominfo mengikuti arahan Wali Kota Tangerang. Disebutkan bahwa pemda atau dari instansi lain yang ingin mereplikasi aplikasi dari Pemerintah Kota Tangerang dipersilakan tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Ia mengatakan bahwa Kominfo akan menyediakan database website Porprov kepada Kabupaten Bandung Barat, kemudian ada tenaga pemrogram untuk menyesuaikan aplikasinya sesuai dengan kebutuhan.

"Jika diperlukan, kami akan lakukan pendampingan teknis kepada tim di Dispora Kabupaten Bandung Barat," kata Kepala Bidang Pengembangan e-Goverment Rizky F. Soenaryo.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022