Tim nasional U-17 Indonesia, yang dijuluki Garuda Asia, termotivasi lolosnya timnas senior dan U-20 Indonesia ke Piala Asia 2023 untuk berjuang keras di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Para pemain ingin seperti senior-seniornya di timnas," ujar pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti dalam konferensi pers di kawasan Sentul, Bogor, Jumat.

Juru taktik berusia 46 tahun itu pun berharap motivasi tersebut membuat anak-anak asuhnya mampu menunaikan target ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas senior Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia 2023 pada Juni 2022. Sementara timnas U-20 melaju ke Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F fase kualifikasi pada pertengahan September 2022.

Bek tengah timnas U-17 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge mengamini pernyataan sang pelatih.

Dia dan rekan-rekannya, kata Iqbal, senang dan tidak terbebani dengan prestasi timnas U-20 dan senior.

Justru, pencapaian tersebut membuat semangat mereka semakin tinggi. Apalagi, Garuda Asia baru saja merebut gelar juara Piala AFF U-16 2022 pada Agustus lalu.


"Kami ingin menunjukkan penampilan lebih baik daripada di Piala AFF. Kami mau membanggakan orang tua dan masyarakat Indonesia," tutur Iqbal.

Jadwal Padat

Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Bima Sakti juga mengatakan, skuadnya siap menghadapi jadwal padat di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, di mana mereka harus melalui dua laga dalam tiga hari selama sekitar satu minggu.

"Jadwal padat ini tantangan buat kami. Jadi kami mesti menyiasati setiap pertandingan," ujar Bima dalam konferensi pers di kawasan Sentul, Bogor, Jumat.

Tantangan tersebut dinilai Bima semakin berat karena di kompetisi tersebut setiap tim hanya diperkenankan membawa maksimal 23 pemain.

Hal itu berbeda dengan Piala AFF U-16 2022, turnamen terakhir yang diikuti Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan sebelum Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Di sana, setiap tim memiliki dua hari penuh untuk beristirahat di antara pertandingan. Jumlah pemain yang dibawa juga lebih banyak yakni 28 orang.

Salah satu strategi yang akan ditempuh Bima Sakti untuk mempertahankan kebugaran anak-anak asuhnya adalah melakukan rotasi pemain pada setiap pertandingan.


Selain menjaga kondisi fisik, rotasi tersebut juga memberikan jam terbang kepada para pemain timnas U-17 Indonesia.

"Kami memang mau berprestasi, tetapi tujuan pentingnya adalah memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada semua pemain," kata Bima.

Rangkaian pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 berlangsung pada 1-9 Oktober 2022 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Di grup itu, Indonesia bersaing dengan Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pada laga pertama, Senin (3/10), Indonesia akan melawan Guam. Lalu dua hari kemudian menghadapi UEA, menjajal kekuatan Palestina pada Jumat (7/10) dan, terakhir, bersua Malaysia pada Minggu (9/10).
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Garuda Asia termotivasi lolosnya timnas senior dan U-20 ke Piala Asia

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022