Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, meminta pemerintah desa bisa menumbuhkan investasi sehingga terjadi laju pertumbuhan ekonomi yang ke depannya betul-betul meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat desa.

"Bisa menumbuhkan investasi di desa ini supaya 'clear and clean', dan bisa tumbuh menjadi salah satu setiap desa ini menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Garut," kata Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum, Budi Gan Gan Gumilar saat acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Garut Masa Bakti 2022-2027 di Saung Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis.

Ia menuturkan adanya kepengurusan baru bisa meneruskan program-program yang pernah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya agar lebih maju dan berkembang.

Terutama, kata dia, Apdesi bisa menyelenggarakan pemerintahan yang efektif dan efisien dalam melayani masyarakat, termasuk menumbuhkan perekonomian masyarakat desa.

"Yang paling utama adalah tugas Apdesi ini adalah bisa menyelenggarakan pemerintahan yang efektif, efisien yang melayani kepada masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di desa, dan untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di desa, ujungnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Budi, sesuai amanat Bupati Garut Rudy Gunawan, meminta pengurus Apdesi Kabupaten Garut yang baru untuk berorientasi terhadap pelayanan, serta menyelenggarakan administrasi di desa dengan kultur digital mengikuti perkembangan zaman.

Ia juga mengajak pengurus Apdesi Kabupaten Garut untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Garut.
Ketua Dewan Pengurus Cabang Apdesi Kabupaten Garut, Oban Sobana mengatakan, setelah diselenggarakannya pelantikan ada beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Apdesi, salah satunya Jambore Desa.

"Kita akan mengadakan Jambore Desa, jadi di akhir tahun ini kita direncanakan ada Jambore Desa, kita mengadakan ajang silaturahmi seluruh kepala desa, aparatur desa di seluruh Kabupaten Garut, dan di situ akan diuji kemampuan dari masing-masing desa karena ada lomba-lomba yang menyangkut dengan desa," katanya.

Ia berharap kepengurusan baru Apdesi Garut bisa semakin kompak dalam hal kebersamaan, dan melahirkan kolaborasi serta sinergi antardesa, sehingga ke depannya menjadi desa yang maju dan mandiri.

"Harapan kami kalau dilihat dari pengukuhan ya, ini pengurusan yang paling besar yang paling banyak kalau sebelumnya kepengurusan hanya 60 orang 70 orang, dan sekarang kepengurusan ada 93 orang, mudah-mudahan dengan bengkaknya atau banyaknya ini kita semakin kompak," kata Budi.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022