Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) jelang akhir pekan berpeluang menguat mengikuti kenaikan bursa saham di Wall Street.

IHSG dibuka menguat 35,2 poin atau 0,49 persen ke posisi 7.267,22. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 7,49 poin atau 0,73 persen ke posisi 1.035,44.

"Untuk hari ini IHSG cenderung diselimuti oleh sentimen positif. Pasar diperkirakan bersiap menyambut data inflasi AS bulan Agustus yang akan dirilis pada Selasa depan," tulis Tim Riset Surya Fajar Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan konsensus, inflasi AS diperkirakan turun dari 8,5 persen (yoy) menjadi 8,1 persen (yoy). Penurunan inflasi dinilai akan memberikan kepercayaan diri investor asing untuk terus masuk ke pasar saham di Indonesia.

Pelaku pasar diperkirakan akan fokus pada sektor non-komoditas yang berbasis permintaan domestik seperti konstruksi, properti, konsumer dan telekomunikasi.

Bursa saham AS bergerak menguat pada perdagangan tadi malam. Pasar mencerna pidato dari Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell. 

 

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022