ANTARAJAWABARAT.com,27/9 - Korea siap jajaki kerjasama untuk mengembangkan ubi jalar di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk memproduksi tepung ubi jalar sebagai bahan baku mie instan.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Ali Efendi, melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan Wasman kepada wartawan di Cirebon, Kamis, mengatakan, Korea bekerjasama dengan sejumlah petani Cirebon untuk mengembangkan ubi jalar.

Rencananya tanaman ubi jalar akan dikembangkan diperbatasan Kabupaten Cirebon dengan Kuningan karena lahan pertaniannya cocok dan potensial.

Menurut Wasman, petani Cirebon akan diberikan pembekalan dan modal tanam ubi dari Korea, setelah panen hasilnya diolah menjadi tepung ubi jalar sebagai bahan baku mie.

kesempatan kerjasama petani Cirebon dengan Korea, kata dia, akan membantu meningkatkan kemampuan pola tanam juga kesejateraan mereka karena hasil panen sudah jelas pemasarannya.

Sementara itu Kusni petani Cirebon mengaku, siap kerjasama dengan Korea untuk mengembangkan ubi jalar dan belajar mengikuti pola tanam mereka karena selama ini hasil pertanian negara ginseng tersebut sudah terkenal.

Lahan pertanian di perbatasan Kabupaten Cirebon dengan Kuningan, kata dia, terus dikembangkan ubi jalar karena cukup menguntungkan setelah permintaan ubi jalar meningkat.***2***

Enjang S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012