Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat menggelar acara Depok Culture Fashion Show untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia di daerah itu.

Kegiatan berupa lomba tersebut diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok.

Ketua Panitia Acara HUT Ke-77 RI Kota Depok Abdul Rahman di Depok, Sabtu, mengatakan lomba peragaan busana ini terdiri atas tiga kategori, yaitu peragaan busana kepala perangkat daerah, ASN, dan penampilan santai dari PKK dan DWP.

"Masing-masing menggunakan kebaya encim dan pangsi yang bertema Batik Depok," katanya.

Menurut Abra, sapaan akrabnya, peragaan busana ini dilakukan sebagai upaya dalam mempromosikan Batik Depok kepada khalayak luas.

Selain itu, katanya, mengenalkan pakaian adat Kota Depok.
Lebih lanjut, ujar Abra, untuk penyerahan hadiah pemenang lomba peragaan busana akan diberikan pada 17 Agustus mendatang. Pemenang akan mendapatkan tropi.

"Akan dipilih juara 1, 2, dan 3 dan diserahkan pada puncak peringatan HUT RI pada 17 Agustus," katanya.

Sebelumnya Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Jawa Barat menggelar Depok Fashion Festival (DeFF) yang menampilkan busana batik lokal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Sopian Suri di sela acara DeFF, Minggu, berharap kegiatan Depok Fashion Festival mampu mendorong perekonomian, khususnya UMKM, dan fashion mampu menyumbangkan dukungan pertumbuhan perekonomian daerah. 

"Kita punya harapan besar acara ini. Menjadi titik awal dari luang dan peluang. Fashion ini banyak banget pihak yang terlibat kalau kita bisa konsen kepada upaya kegiatan-kegiatan seperti ini," katanya

Supian berharap ke depannya acaranya lebih bagus lagi, lebih meriah lagi dan melibatkan banyak pihak. Hal ini menjadi harapan kemajuan fashion di Depok.

"Fashion diharapkan bisa angkat Depok. Terutama batik asli Depok, " ucap Supian Suri.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok Zamrowi mengatakan acara Depok Fashion Festival menampilkan 20 finalis yang akan menampilkan karya desain terbaiknya.

"Dari 20 finalis ada satu yang berasal dari luar Depok," jelasnya.

Depok Fashion Festival ini dihadiri Ketua dan Wakil Dekranasda dan para Camat se- Kota Depok yang ikut memperagakan busana batik Depok.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Depok gelar Culture Fashion Show meriahkan HUT RI

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022