Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menjalin kerja sama bidang promosi wisata dengan Pemprov Jawa Barat sebagai upaya mendukung program "Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023".

"Kunjungan wisatawan asing dan domestik ke Jawa Barat pada 2019 catat 47 juta orang,  sehingga kerja sama promosi wisata dengan Jabar akan sangat besar artinya dalam mendukung VBWS 2023," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Pemprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia mengatakan lewat kerja sama itu Sumbar bisa melakukan promosi melalui baliho dan media promosi milik Pemprov Jabar. Sebaliknya, Jabar juga bisa mempromosikan daerahnya melalui sarana media milik Pemprov Sumbar.

Juga bisa saling membantu dalam peningkatan kapasitas SDM (seniman dan budayawan) dalam kreativitas seni dan budaya.

Kepala Bagian Kerjasama Pemprov Jabar, Palupi Indah Gardina, menyampaikan pihaknya menyambut baik usulan kerja sama yang disampaikan Pemprov Sumbar dan berharap hal ini bisa dieksekusi secepatnya sehingga bisa memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat kedua daerah.

"Sumbar dan Jabar memiliki banyak kesamaan karakteristik, mulai dari kondisi geografis yang bisa dieksplorasi menjadi potensi pariwisata, potensi pertanian dan perdagangan serta kondisi masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya, yang seharusnya bisa dikolaborasikan lebih jauh untuk pembangunan dan kemajuan daerah," katanya.

VBWS 2023 merupakan upaya meningkatkan perekonomian daerah pascapandemi COVID-19 melalui sektor pariwisata.

 

Pewarta: Miko Elfisha

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022