Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menyebutkan kejuaraan Piala Presiden 2022 yang digelar pertama kalinya pada cabang olahraga ini akan menyediakan hadiah uang mencapai Rp1,55 miliar.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana Piala Presiden 2022, Edi Sukarno, nominal hadiah itu akan dibagi menjadi dua, yaitu sebesar Rp500 juta bagi Pengurus Provinsi (Pengprov) dan Rp555 juta sisanya akan dibagi kepada atlet-atlet yang menjadi juara.

Gelar juara umum akan diberikan kepada Pengprov dengan jumlah juara terbanyak yang diraih oleh atlet-atletnya. Sementara bagi atlet juara akan menerima besaran hadiah tersendiri.

Sehubungan dengan teknis pendaftaran peserta, Edi menjelaskan bahwa jumlah atlet yang bisa diikutkan oleh setiap Pengprov tergantung dari jumlah total pemain binaan di provinsi masing-masing.

"Kuotanya adalah, jika Pengprov punya lebih dari 6.000 atlet yang terdaftar secara resmi maka boleh mengirimkan 5 orang di setiap nomor. Kalau di bawah 5.000 hanya boleh maksimal 2 orang, dan kalau atletnya di bawah 1.000 orang maka hanya bisa mendaftarkan 1 orang per nomor," papar Edi.

Hingga hari terakhir 19 Juli, sudah ada 620 atlet yang datang dari 30 provinsi di Indonesia dan hanya 4 provinsi absen dalam kejuaraan ini, yaitu Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Piala Presiden mempertandingkan 11 nomor yang terbagi ke dalam 3 kategori utama, dengan rincian sbb:
-  kategori U-13 akan mempertandingkan 2 nomor, yakni tunggal putra dan tunggal putri,
- kategori U-15 memainkan 4 nomor yaitu tunggal putra dan putri dan ganda putra dan putri
- kategori U-17 memainkan 5 nomor, yaitu tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri ditambah ganda campuran.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Piala Presiden bulu tangkis sediakan hadiah lebih dari Rp1 miliar

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022