Bandung, 30/8 (ANTARA) - Tim Para Layang PON XVIII/2012 Jawa Barat berangkat ke Wonogiri, Jateng, untuk mengikuti pertandingan nomor "cross country"' Paralayang PON yang dipertandingkan di daerah itu.

"Tim paralayang Jabar berangkat, Selasa (28/8), mereka akan bertanding di nomor cross country di Wonogiri. Pertimbangan pemindahan pertandingan nomor itu karena faktor hutan di Riau yang lebat sehingga cukup berisiko," kata Sekretaris Satlak Kontingen PON Jabar, Verdia Yosef di Bandung, Rabu.

Menurut Verdia, nomor yang dipertandingkan di Wonogiri itu hanya nomor cross country yang mengambil rute 60 kilometer.

Terkait pemindahan itu, kata dia, karena faktor medan pertandingan karena hutan di Sumatera termasuk di Riau sangat berisiko untuk nomor cross country yang setiap atlet diwajibkan untuk menempuh jarak 60 kilometer.

Pertandingan nomor itu akan digelar hingga 2 September 2012, dan hasilnya atau pengalungan medali akan dilakukan di Riau.

"Sedangkan nomor lainnya dari para layang itu tetap digelar di Riau," katanya.

Seluruh peserta para layang yang bertanding di nomor cross country di Wonogiri, akan langsung bertolak ke Riau dengan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Djuanda Solo.

"Mereka akan langsung diangkut ke Riau dengan pesawat Hercules dari Solo," katanya.

Selain tim para layang yang sudah berangkat ke lokasi pertandingan di Wonogiri, cabang olahraga asal Jabar lainnya yang sudah bertolak ke Riau adalah aeromodeling dan terbang layang.

"Mereka berangkat lebih awal untuk memastikan bisa melakukan aklimatisasi, pengiriman atlet selanjutnya dilakukan secara bertahap," kata Verdia Yosef menambahkan.

Sementara itu Kontingen PON XVIII Jabar berjumlah sebanyuak 1.230 orang dimana 690 orang diantaranya adalah atlet. Kontingen Jabar menargetkan Juara Umum pada PON XVIII dengan target minimal meraih 117 medali emas.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012