Carlos Sainz meraih kemenangan perdananya di Formula 1 pada balapan ke-150 dalam kariernya setelah merampungkan Grand Prix Inggris yang sempat dihentikan sementara karena drama lap pembuka pada Minggu.

Sergio Perez, yang mengalami kerusakan sayap depan dan harus menjalani pitstop lebih awal, finis 3,779 detik di belakang sang pebalap Ferrari demi mengamankan P2 untuk Red Bull di saat rekan satu timnya, Max Verstappen mengalami kendala teknis dan harus puas finis P7.

Lewis Hamilton mendapat dorongan semangat dari para pendukung tuan rumah.  Sang pebalap Mercedes akhirnya finis P3 demi podium.

"Saya tidak tahu berkata apa, ini luar biasa. Kemenangan pertama setelah 150 balapan, dengan Ferrari dan di Silverstone," kata Sainz dikutip laman resmi F1.

Fernando Alonso melengkapi peringkat lima besar untuk tim Alpine, di depan Lando Norris yang finis P6 untuk McLaren.

Balapan sempat dihentikan setelah lap pertama menyusul kecelakaan beruntun yang mengirim mobil Alfa Romeo Zhou Guanyu terbalik dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Setelah restart, Verstappen sempat mencuri posisi pimpinan lomba pada lap ke-10 saat Sainz melakukan kesalahan di Beckett, akan tetapi dua lap berselang sang pebalap Red Bull tampak mengalami kendala dengan bannya sebelum terpaksa melakukan pitstop.
Meski finis P7, Verstappen mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi 181 poin, sedangkan Perez memangkas jaraknya menjadi 34 poin setelah 10 balapan.

Balap Formula 1 akan berlanjut ke sirkuit Red Bull Ring, Austria pekan depan.
 

Insiden kecelakaan

Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone pada Minggu dihentikan sementara menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan pebalap Alfa Romoe Zhou Guanyu dan sejumlah pebalap di lap pembuka setelah start.

Zhou menjadi korban tabrakan beruntun yang melibatkan George Russel dan Pierre Gasly yang mengirim mobil Alfa Romeonya terbalik di lintasan sebelum menabrak pagar pembatas di Abbey.

Insiden tersebut terjadi setelah mobil Gasly dipepet Zhou dan Russell, yang akibatnya mobil Mercedes nomor 63 itu kehilangan kendali dan menabrak mobil Zhou sebelum tikungan 1 dengan kecepatan tinggi.

Russell terlihat berlari di tempat kejadian untuk membantu mengevakuasi Zhou.
"Menyusul kecelakaan di start Grand Prix Inggris, Zhou Guanyu sadarkan diri dan sekarang berada di pusat medis sirkuit untuk menjalani pemeriksaan," demikian pernyataan resmi Alfa Romeo lewat Twitter.

Following a crash at the start of the British Grand Prix, Zhou Guanyu is conscious and now at the circuit’s medical centre to undergo evaluation. #BritishGP

— Alfa Romeo F1 Team ORLEN (@alfaromeoorlen) July 3, 2022

Mobil Mercedes Russell dikembalikan ke pit dan kru tim berupaya mempersiapkan mobil tersebut siap untuk restart balapan.

Alexander Albon, Sebastian Vettel dan Esteban Ocon terlibat di kecelakaan terpisah setelah start. Sang pebalap Williams mendapati mobilnya menabrak pagar sisi kanan saat berupaya mengerem menghindari kecelakaan.

Bendera merah dikibarkan yang menunda jalannya balapan, sementara Max Verstappen memimpin lomba setelah menyalip polesitter Carlos Sainz, demikian laman resmi Formula 1.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sainz klaim kemenangan perdana dalam karier di Grand Prix Inggris

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022