Tim nasional Indonesia lolos ke Piala Asia AFC 2023 setelah berhasil membantai Nepal dengan skor 7-0 pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu dini hari WIB.

Gelontoran gol skuad “Garuda” pada pertandingan tersebut dibuat oleh Muhammad Dimas Drajad, Witan Sulaeman (dua gol), Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott dan Marselino Ferdinan.

Indonesia memastikan satu tempat di Piala Asia 2023 lantaran menjadi salah satu dari lima peringkat kedua terbaik, dari enam grup yang ada di putaran ketiga kualifikasi.

Dengan demikian, Indonesia bakal mencatatkan lima kali penampilan di Piala Asia setelah sebelumnya skuad “Garuda” berkompetisi pada edisi 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dalam pertandingan kontra Nepal, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mempertahankan strategi bermain dengan tiga bek tengah yaitu Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto, sama seperti saat melawan Kuwait dan Yordania.

Dengan formasi 5-2-3 saat bertahan dan 3-4-3 kala menyerang, Indonesia menekan pertahanan Nepal. Skuad “Garuda” akhirnya membuka keran gol pada menit keenam lewat sundulan Muhammad Dimas Drajad yang meneruskan “assist” Asnawi Mangkualam.

Setelah menghadirkan gol, Indonesia mendapati performanya sempat menurun. Namun tak berlangsung lama dan anak-anak asuh Shin Tae-yong pelan-pelan kembali menemukan ritme sebelum membuat lawan kelabakan.
Kondisi tersebut membuat bek Nepal Suman Aryal melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning kedua alias kartu merah menit ke-33.

Bermain dengan 10 orang, Nepal semakin kesulitan mengimbangi Indonesia. Gol tambahan Indonesia pada menit ke-43 lewat tendangan Witan Sulaeman.

Indonesia pun memimpin dengan skor 2-0 sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Setelah turun minum, Shin memasukkan nama-nama baru seperti Marselino Ferdinan dan Muhammad Rafli. 

Pada menit ke-54, Fachruddin Aryanto mencetak gol memanfaatkan kemelut di depan gawang Nepal. Tak sampai 60 detik kemudian, giliran Saddil Ramdani menambah skor yang membuat Indonesia semakin di depan, 4-0.

Bek tengah Elkan Baggot turut pesta gol Indonesia dengan golnya dari luar kotak penalti pada menit ke-80.

Belum selesai euforia atas gol tersebut, Witan Sulaeman menghadirkan gol keduanya yang berarti gol ke-6 bagi Timnas Indonesia.
Gelandang berusia 17 tahun Marselino Ferdinan menutup pertandingan tersebut dengan golnya  menit ke-90 yang membuat Indonesia menang tujuh gol tanpa balas.


Yordania kalahkan Kuwait

 Tim Nasional Yordania mengalahkan tuan rumah Kuwait dengan skor 3-0 pada laga pamungkas mereka di Grup A Piala Asia 2023, Selasa (14/6) malam.

Kemenangan Yordania pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Jabar Al-Ahmad, Kuwait, memastikan mereka pada posisi puncak fase grup. Sementara Indonesia di bawahnya, sedangkan tuan rumah Kuwait dan Nepal pada posisi ketiga dan keempat, yang berarti tidak lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Untuk Yordania, keberhasilan mereka mendapatkan satu slot di Piala Asia 2023 membuat mereka tak pernah absen dari Piala Asia sejak tahun 2011. Satu penampilan lain Yordania terjadi pada Piala Asia 2004.

Prestasi terbaik Yordania adalah menjadi perempat finalis Piala Asia 2011 di Qatar.

Adapun gol-gol Yordania pada pertandingan kontra Kuwait, Selasa (14/6) malam, dilesakkan oleh Ali Iyad Ali Olwan, Mahmoud Al-Mardi dan Noor Al-Rawabdeh.

Formasi Shin

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mempertahankan strategi bermain dengan tiga bek tengah saat bersua Nepal pada laga penutup Grup A Kualifikasi Piala Asia AFC 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu dini hari WIB.
Dikutip dari keterangan PSSI di Jakarta, Rabu, Shin tetap memercayakan sektor sentral pertahanan kepada trio Elkan Baggott, Rizky Ridho dan sang kapten Fachruddin Aryanto. Ini sama seperti pertandingan sebelumnya melawan Kuwait dan Yordania.

Kemudian, untuk mengawal sektor kanan, juru taktik asal Korea Selatan tersebut menurunkan kapten timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Asnawi Mangkualam Bahar. Asnawi untuk pertama kalinya tampil sejak awal laga pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di kiri, posisi Pratama Arhan tidak tergantikan, begitu pula untuk sektor kiper yang diisi Nadeo Argawinata.

Sebagai gelandang, pemain naturalisasi dari Belanda Marc Klok dan rekan duetnya, Ricky Kambuaya tetap menjadi andalan.

Sementara di lini depan, Shin menugaskan Witan Sulaeman, Muhammad Dimas Drajad dan Saddil Ramdani untuk membongkar benteng lawan.

Di kubu Nepal, pelatih Kiran Shrestha menempatkan penyerang Darshan Gurung, yang untuk sementara mencetak satu-satunya gol timnya di Kualifikasi Piala Asia 2023, di bangku cadangan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah bantai Nepal 7-0

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022