Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi dua orang cucunya saat berkunjung ke Galeri Bung Karno, di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin.
 
Dua cucunya yang menemani Presiden Kelima RI itu, yakni Pita dan Prisha yang merupakan putri Mohammad Rizky Pratama, anak Megawati.
 
Dalam kunjungannya, Megawati yang mengenakan setelan berwarna hijau juga didampingi keponakannya Puti Guntur Soekarno dan Menteri BUMN Erick Thohir.
 
Megawati dan keluarga disambut petugas galeri yang menjelaskan beberapa pameran yang terpajang di galeri. Rombongan Megawati sempat melihat Galeri Bung Karno yang berada di Lantai 6 Gedung Sarinah.
 
Megawati melihat Relief Sarinah yang berada di lantai dasar gedung, sebelumnya sempat viral karena "disembunyikan" dan baru ditemukan ketika proses renovasi Sarinah dilakukan.
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri didampingi Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan keterangan pers, di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022). ANTARA/Syaiful Hakim


Penjelasannya ditulis di sebuah penampang di dekat relief. Di situ dituliskan Relief Sarinah dirancang dan dibuat semasa konstruksi Gedung Sarinah pada awal tahun 60-an.

Relief dibuat sebagai penggambaran kewirausahaan atau kemandirian pedagang eceran kecil dan asongan (ritel) masa itu.
Megawati mengaku senang dengan hasil renovasi Gedung Sarinah yang selesai dilakukan pada 1,5 bulan lalu.
 
"Jadi tadi setelah ditunjukkan beberapa lantai yang menurut saya sangat bagus dan sangat indah karena di setiap lantai mempunyai makna tersendiri," kata Megawati.
 
Terutama, lanjut dia, mengenai dipasangnya kembali seni relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak menjadi presiden lagi, relief itu sepertinya 'disembunyikan'.
 
"Tapi akhirnya alhamdulillah dapat dikembalikan yang menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang belum tentu mengetahui untuk memahat panjang relief seperti itu bukan sebuah hal yang mudah karena itu tiga dimensi," ucap Megawati.
 
Saat melihat relief peninggalan Presiden Pertama Sukarno di lantai dasar, Megawati berbincang cukup lama dengan Erick Thohir. Beberapa kali Mega menunjuk ke arah relief sambil berbicara.

Tak hanya itu, Mega tampak sumringah ketika berfoto dengan relief yang berisi kisah seorang petani bernama Marhaen itu.
Menurut Mega, relief tersebut adalah peninggalan sejarah dan seni yang amat penting bagi Indonesia. Oleh karena itu, dia bersyukur dengan hadirnya peninggalan Bung Karno yang kini dapat dinikmati oleh generasi muda yang mengunjungi Sarinah.

"Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang mungkin belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," ujar Megawati.

Sementara itu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pemugaran pusat perbelanjaan Sarinah bukan hanya sekedar estetika belaka melainkan memulihkan kembali sejarah bangsa Indonesia yang selama ini agak terlupakan.

"Jangan sampai generasi muda ini terputus dari sejarah. Semoga ini bisa jadi pengingat sejarah pada generasi muda," ujarnya di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin.

Hari ini, Menteri Erick mengundang Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri untuk meninjau Gedung Sarinah yang baru rampung direnovasi oleh Kementerian BUMN.

Mereka berkeliling selama hampir tiga jam berada di Sarinah, mengelilingi tiap spot lantai, hingga makan di restoran paviliun yang ada di pusat perbelanjaan tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Megawati didampingi dua cucunya saat berkunjung ke Sarinah

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022