ANTARAJAWABARAT.com, 19/6 - Atlet Jabar peraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, 9-20 September 2012 diusulkan mendapat "kadeudeuh" senilai Rp100 juta.

"Sudah diusulkan bonus untuk atlet peraih medali emas PON XVIII sebesar Rp100 juta per emas," kata Ketua I KONI Jawa Barat yang juga Komandan Satlak Pelatda PON 2012 Jabar, Jumara Frasad Ratim di Bandung, Selasa.

Menurut Jumara, pengajuan anggaran untuk bonus atau kadeudeuh atlet Jawa Barat itu sudah diusulkan senilai Rp36 miliar melalui APBD Perubahan (APBD-P) Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2012.

Selain pengusulan uang bonus senilai Rp100 juta per medali emas itu, peraih medali perak perunggu juga sudah termasuk di dalamnya. Menurut Jumara, pemberian bonus uang tunai itu merupakan apresiasi kepada atlet-atlet berprestasi yang berhasil mengharumkan nama daerah.

"Jumlah bonus yang diusulkan itu ada peningkatan dari PON XVII/2008, kami sudah menghitung alokasinya, dan kami sangat optimis bisa meraih lebih dari seratus keping emas, target minimalnya 117 medali emas," kata Jumara Frasad.

Selain akan mendapat kadeudeuh uang tunai, medali emas yang diraih atlet Jabar pada PON XVIII juga akan diganjar dengan hadiah rumah type 48 yang siap huni.

"Satu emas satu rumah, rumahnya sudah selesai dibangun dan siap huni. Begitu dapat emas, pulang langsung bonus rumah diberikan," kata Jumara.

Ia menyebutkan, saat ini telah dibangun sebanyak 108 unit rumah di Perumahan Atlet di kawasan Cibiru Kabupaten Bandung. Untuk mengantisipasi raihan medali emas lebih dari 108, KONI Jabar akan membangun 20 unit lainnya di kawasan itu.

"Saya optimis, tidak hanya bisa meraih 117 emas saya pribadi bahkan optimis raihan emas Jabar bisa mencapai 126 emas," kata Jumara.

Ia berharap, rumah itu ke depan bisa dimanfaatkan oleh para atlet untuk hari depannya, namun untuk emas nomor ganda atau beregu bisa dibagi diantara anggota tim.

Kontingen PON XVIII/2012 Jabar berjumlah 1.125 orang yang terdiri dari 701 atlet, 244 pelatih, official, manajer dan mekanik serta 75 petugas tim pendukung.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012