ANTARAJAWABARAT.com, 13/5 - Pebalap DKI Jakarta Ryan Ariehaan menjuarai Kejurnas Tanjakan Pikiran Rakyat Thropy XXXIII/2012 yang digelar di jalur Bandung - Purwakarta - Subang - Gunung Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung, Minggu.

Ryan Ariehaan finis terdepan di kawasan pintu gerbang Objek Wisata Gunung Tangkuban Parahu. Disusul finis kedua pebalap Aiman Cahyadi yang membela panji ISSI Nangroe Aceh Darussalam (NAD).

Peringkat ketiga ditempati oleh Robin Manulang (Kaltim), sedangkan pebalap tuan rumah Jawa Barat Nunung Burhanuddin harus puas di peringkat keempat.

"Saya puas, setelah 10 tahun ikut Kejurnas Tanjakan ini baru kali ini bisa meraih gelar juara. Hasil ini bekal bagi saya untuk turun di Tour The Singkarak 2012," kata Ryan Ariehaan.

Uniknya, juara Kejurnas Tanjakan Pikiran Rakyat Thropy 2012 diraih oleh atlet asal Jawa Barat yang hengkang ke daerah lain. Ryan Ariehan sebelumnya membela tim Dodol Picnic Garut hengkang ke DKI Jakarta pada 2007.

Sedangkan Aiman Cahyadi yang merupakan Juara Kejurnas Tanjakan PR Thropy 2011 kelompok junior kini pindah membela Pengda Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) NAD.

Lomba balap sepeda tanjakan klasik di wilayah Jawa Barat itu diikuti oleh 300 pebalap, termasuk 18 pebalap dari Negeri Jiran Malaysia dengan melahap 120 kilometer perjalanan.

Bendera start dikibarkan oleh Asda III Pemprov Jabar H Aip Rivai, sekitar pukul 07.00 WIB dari kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung. Para pebalap melakukan star semu dan berkonvoi hingga Padalarang.

Balapan resmi baru dilakukan start sesungguhnya di Padalarang Kabupaten Bandung, menyusuri jalur Purwakarta - Wanayasa - Cagak Subang - hingga Gunung Tangkuban Parahu.

Ryan Ariehaan yang sudah mempunyai pengalaman dalam sembilan gelaran sebelumnya, mampu melesat dan melepaskan diri dari kelompok besar di kawasan Wanayasa dan terus memimpin.

Di belakangnya dibayangi juniornya Aiman Cahyadi yang terus membuntuti bersama Robin Manulang dan Nunung Burhanudin.

Lepas Jalan Cagak, Ryan tak tertahan lagi melejit di urutan terdepan menyusuri jalanan menanjak hingga garis finis dengan rentang waktu selisih lebih dari empat menit.

Ryan Ariehaan menjadi pemuncak Kejurnas Tanjakan Pikiran Rakyat Thropy 2012 menjadi juara baru. Sementara itu peraih 12 gelar juara Kejurnas Tanjakan itu, Tonton Susanto absen pada balapan kali ini karena tengah berlaga di ajang Jelajah Malaysia 2012.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012