Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Jawa Barat, melakukan "ram check" atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Harjamukti untuk memastikan semua bus dalam keadaan laik jalan hadapi mudik Lebaran 2022.

"Kita lakukan 'ram check' untuk memastikan semua bus di Terminal Harjamukti laik jalan," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar di Cirebon, Rabu.

Fahri mengatakan pengecekan bus dilakukan untuk memastikan semua angkutan umum dapat melayani para pemudik pada libur Lebaran 2022.

Dengan kondisi kendaraan laik jalan, lanjut Fahri, diharapkan selama perjalanan tidak terjadi kendala dan meminimalkan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kerusakan kendaraan.

Fahri mengatakan saat dilakukan "ram check" terdapat satu bus yang air wiper tidak keluar sehingga pengemudi diminta mengisi terlebih dahulu sebelum berangkat.

"Memang ada satu bus yang air wiper tidak keluar. Untuk itu kami minta diperbaiki terlebih dahulu," tuturnya.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Cirebon Andi Armawan mengatakan selama mudik Lebaran 2022 pihaknya akan terus melakukan pemantauan kendaraan umum agar tidak terjadi hambatan.

"Di Terminal Harjamukti ada 80 bus yang melayani penumpang dan nantinya bisa ditambah lagi ketika pemudik membeludak. Kami pastikan semua kendaraan laik jalan," katanya.

Petugas saat melakukan "ram check" mengecek semua kondisi kendaraan, baik lampu utama, lampu seinn, rem, ban, alat keselamatan, dan beberapa lainnya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022