ANTARAJAWABARAT.com,3/4 - Wakil Presiden Boediono, Selasa pagi dijadwalkan menghadiri pembukaan KTT ke-20 ASEAN di Peace Palace, Phnom Penh, Kamboja.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen akan membuka KTT ke-20 sekitar pukul 09.30 waktu setempat di ruang Nuon Srey, Peace Palace.

KTT ASEAN di Kamboja dihadiri oleh seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara anggota ASEAN. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugaskan Wapres Boediono untuk memimpin delegasi Indonesia dalam perhelatan kawasan tersebut.

Usai pembukaan, para pemimpin dan Kepala Negara kemudian mengikuti plannary session dan "working lunch".
Setelah acara makan siang yang diselenggarakan PM Hun Sen tersebut, para pemimpin kemudian bertemu dengan perwakilan antar parlemen se-ASEAN.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin dengan perwakilan organisasi masyarakat madani dan juga perwakilan pemuda ASEAN.

Pada Selasa malam, para pemimpin negara-negara ASEAN akan bertemu dengan Raja Kamboja Norodom Sihamoni didampingi PM Hun Sen. Raja Kamboja kemudian menyelenggarakan jamuan makan malam resmi untuk menyambut kedatangan para pemimpin ASEAN.

Sebelum pembukaan KTT pada Selasa pagi, telah dilangsungkan sejumlah pertemuan pendahuluan tingkat menteri dari berbagai bidang. Pertemuan itu antara lain membahas bidang ekonomi, pendidikan dan kerja sama lainnya.

Dalam keterangan pers Senin petang, Mendag Gita Wirjawan memaparkan ada beberapa kesepakatan yang diperoleh dan juga pembaharuan informasi mengenai langkah bersama menuju ASEAN Community pada 2015.

KTT ASEAN di Kamboja akan berlangsung hingga Rabu (4/4) mendatang. Selama di Kamboja Wapres didampingi oleh Menlu Marty Natalegawa, Mendag Gita Wirjawan dan Seskab Dipo Alam.

Wapres dan Ny. Herawati Boediono beserta rombongan dijadwalkan kembali ke tanah air pada Rabu petang. ***1***

ant

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012