ANTARAJAWABARAT.com, 9/3 - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, segera merealisasikan pembangunan dua halte TransJakarta untuk menghubungkan sarana transportasi di wilayah setempat menuju Jakarta.

"Halte ini untuk tujuan Kampung Rambutan-Bekasi dan Pulogadung-Bekasi. Penentuan lokasinya dipilih oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta," ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Erwin, di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, pemilihan lokasi tersebut dilatarbelakangi posisinya yang berada di pinggiran DKI Jakarta, sehingga kehadiran armada pemasok penumpang asal Kota Bekasi tak perlu menambah volume kendaraan di Jakarta yang saat ini sudah sangat tinggi.

"Selain tujuan Jakarta, armada menuju berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatera juga tersedia di kedua terminal tersebut," katanya.

Dikatakan Erwin, halte tersebut akan dilalui 15 armada bantuan dari Direktorat Jenderal Angkutan Darat Kementerian Perhubungan.

"Kami juga sedang mempersiapkan halte pengumpan di KOta Bekasi, masing-masing di Terminal Kota Bekasi serta empat lainnya di sepanjang lintasan menuju pintu tol Bekasi Timur," katanya.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi, kata dia, tengah membahaspenetapan waktu yang tepat untuk pengoperasian perdana. Apakah menunggu semua halte rampung terbangun atau pengoperasian dimulai sambil pengerjaan halte dilakukan.

"Ini masih jadi bahan diskusi kami selain penetapan tarif terusan ke armada TransJakarta. Namun kami upayakan dapat segera beroperasi karena pergerakan warga Kota Bekasi menuju Jakarta sangat tinggi, sehingga pelayanan akan kebutuhan tersebut mendesak untuk direalisasikan," katanya.

Andi Firdaus

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012