ANTARAJAWABARAT.com,23/2 - Organisasi berbasis komunitas "Rumah Cemara" Bandung akan menggelar Turnament Sepak Bola Street Soccer "League of Change" bagi Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) di Lapangan Balubur Kota Bandung, 26-28 Februari 2012.

"Turnament Street Soccer merupakan alat untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA dan pengguna narkotika dan zat adiktif lainnya (napza). Dengan kegiatan ini diharapkan stigma, disktriminasi dan kriminalisasi terhadap ODHA dan pengguna napza bisa dihilangkan," kata Humas Rumah Cemara, Karmala Wardhini di Bandung, Rabu.

Turnamen Street Soccer yang baru pertama kali digelar di Indonesia itu akan diikuti oleh delapan tim dari delapan provinsi yalni Jabar, Banten, Sumatera Utara, Kalsel, Jatim, Sulsel dan DI Yogyakarta.

Lebih lanjut Karmala menyebutkan, pihaknya mendapat dukungan melalui Allan Taylor Grant dari Kedutaan Besar Australia.

"Liga untuk perubahan ini bukan semata-mata sebuah kompetisi sepak bola untuk meraih prestasi melainkan sebuah kampanye sosial untuk memberikan kesempatan yang sama kepada kelompok marjinal untuk mengaktualisasikan dirinya melalui sepak bola," katanya menambahkan.

Kegiatan League of Change yang digelar 26-28 Februari 2012 sekaligus menjadi ajang seleksi untuk mengikuti Homeless World Cup 2012 di Meksiko.

Rumah Cemara berdiri tahun 2003 dan menjadi tempat untuk berbagi pengalaman, kekuatan, harapan serta informasi bagi pengguna narkoba dan ODHA.

Rumah Cemara juga memilki tim sepak bola yang pernah mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia "Homeless World Cup 21-28 Agustus 2011 di Prancis. Dalam kejuaraan yang diikuti oleh 64 klub itu tim Indonesia menempati peringkat keenam dan meraih sebagai tim pendatang baru terbaik dan pemain terbaik.

***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012