ANTARAJAWABARAT.com,25/1 - BRI Syariah akan menambah sembilan unit kantor cabang baru serta sejumlah unit layanan syariah di Jawa Barat dalam rangka ekspansi bisnis pada 2012.

"Tahun ini ditargetkan menambah sembilan kantor cabang baru dan sejumlah unit layanan mikro di Jabar, salah satu targetnya untuk meningkatkan target pendanaan dan juga peningkatan penyaluran pembiayaan," kata Kepala Cabang BRI Syariah Citarum Bandung Rois M Iyon di Bandung, Rabu.

Menurut Rois, pengembangan cabang baru itu akan dilakukan dan disupervisi oleh dua Kantor Cabang BRI Syariah di Kota Bandung dengan pembagian pengembangan jaringan ke kawasan barat dan timur.

Pengoperasian cabang baru itu akan dilakukan di Bandung, Purwekarta, Subang, Garut, Tasikmalaya dan Sumedang. Hal sama juga dilakukan perluasan jaringan layanan mikro di kawasan Rancaekek Bandung, Jamika, Plered dan Purwakarta.

"Dengan perluasan jaringan itu kami optimistis pertumbuhan pendanaan dan pembiayaan akan meningkat hingga 100 persen," katanya.

Ia menyebutkan, kinerja penyaluran kredit Bank Syariah Cabang Citarum Bandung pada 2011 mencapai 398 miliar, dengan penyaluran kredit mikro mencapai Rp62 miliar.

Pada 2012, pihaknya menargetkan penyaluran kredit senilai Rp698 miliar dengan pertumbuhan 100 persen. Selain itu pihaknya menyiapkan dana tambahan untuk memback up pembiayaan di wilayah Jabar senilai Rp142 miliar.

"Tren penyaluran kredit sejak berdiri pada 2009 cukup positif, pertumbuhannya mencapai 87 persen. Hal ini tidak lepas dari pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah yang terus meningkat," katanya.

Sementara itu dari sisi penyaluran pembiayaan, kata Rois, masih dominan pembiayaan konsumer yang mencapai 48 persen.

Namun ia optimistis pada 2012 akan terjadi peningkatan penyaluran kredit ke sektor mikro menyusul penambahan unit layanan mikro bank itu di Jabar.


Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012