ANTARAJAWABARAT.com,5/1 - Investasi perusahaan ban terbesar kelima di dunia dari Korea Selatan Hankook Tire yang diresmikan di Jawa Barat tahun lalu mencapai 1,2 miliar dolar AS, akan cair tahun ini sehingga pabrik pertamanya akan terbentuk pada semester kedua tahun 2012.
"Perusahaan Hankook Tire telah melaksanakan pembukaan investasi tahun lalu dan tahun ini dana investasinya akan dicairkan," kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia HE Mr Kim Young Sun, di Bandung, Kamis.
Ditemui usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Kim Young Sun mengatakan, hingga saat ini ada ratusan perusahaan dari Korea Selatan yang ada di Jabar.
"Di setiap kawasan industri yang ada ada di Jawa Barat diisi oleh perusahaan-perusahaan Korea Selatan seperti Hankook Tire," kata Kim Young Sun.
Pihaknya berharap, dengan berdirinya pabrik ban terbesar kelima di dunia tersebut dapat menyerap lagi tenaga kerja yang ada di Jawa Barat.
"Sehingga dan pabrik pertama mereka akan terbentuk di semester kedua tahun ini dengan demikian, akan menyerap lebih banyak tenaga kerja di Jabar," katanya.
Selain itu, Dubes Korea Selatan juga meminta agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat mendukung perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang ada di Jabar.
"Sebagai Dubes Korea Selatan, saya mengunjungi Gubernur Jabar untuk memohon kerjasama ke depan, untuk dapat mendukung perusahaan Korea Selatan di Jabar," kata Kim.
Ia menuturkan, dalam pertemuan tersebut Korea Selatan dan Pemprov Jawa Barat sepakat membuat sistem kerja sama yang lebih baik antara pengusaha dan pekerja serta pemerintah.
"Hal kedua yang dibicarakan tadi ialah Pemprov Jabar dan Dubes Korea Selatan sepakat membuat sistem kerja sama yang lebih baik lagi untuk dapat melakukan komunikasi dan dialog lebih lanjut lagi," ujarnya.

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012