ANTARAJAWABARAT.com,19/12 - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama membuka pelatihan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di "SME Creative Center" yang dibangun di Jalan Ganeca Kota Bandung.

"Kerjasama Telkom-ITB Creative SME Center diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, daya saing dan pemberdayaan UKM melalui penyediaan solusi ICT sebagai business berkelanjutan," kata katanya Operation Vice President (OVP) Public Relations PT Telkom, Agina Siti Fatimah di Bandung, Senin.

Program antara lain berupa pelatihan desain industri craft, furniture, dan fashion, pelatihan bio teknologi jamur, dan fermentasi, pelatihan IT creative berupa game, konten aplikasi, dan software, serta pelatihan manajemen dan bisnis.

Sebelumnya, beberapa jenis pelatihan telah diinisiasi oleh Telkom, antara lain e-koperasi, e-toko, dan berbagai solusi ICT lainnya untuk bisnis UKM.

Pembukaan program latihan bagi UMKM itu juga dihadiri oleh Wakil Rektor ITB Bidang Riset & Informasi, Dr Wawan Gunawan A Kadir, Ketua LPIK ITB, Prof Dr Suhono.

Telkom-ITB SME Creative Center memiliki tujuan membekali para calon pengusaha dan pengusaha UKM di bidang IT creative, desain produk industri, dan bioteknologi, memfasilitasi para pelaku UKM untuk menguatkan jejaring usaha, serta mempromosikan produk UKM.

"Secara makro para pelaku UKM diharapkan dapat menumbuh-kembangkan perekonomian nasional melalui kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, penyedia lapangan kerja yang terbesar, pemain penting dalam pengembangan ekonomi," kata Agina.

Sementara itu Executive General Manager (EGM) Divisi Business Service PT Telkom, Arko Maryono mengatakan "Telkom-ITB SME Creative Center" memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai communication center, community center dan commerce center.

SME Creative Center dapat dijadikan media dan sarana bertemu komunitas UKM untuk saling bertukar pikiran maupun transfer knowledge sesama UKM, dinas koperasi maupun dari Telkom.

Telkom menurut Arko akan memfasilitasi training tentang bagaimana bertransaksi secara online atau E-Commerce. SME Creative Center juga menyediakan layanan Information Center, Showroom Center, Consultative Center, Training Center, dan lain-lain. ***5***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011