Anggaran pemeliharaan jalan provinsi yang ada di Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa  Barat, yang terbatas, menjadi kendala utama dalam upaya  memaksimalkan perbaikan dan pemeliharaan jalan, kata Kasi Pembangunan UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah II Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar Abdul Muiz

"Setiap tahunnya memang disediakan anggaran untuk melaksanakan pekerjaan rutin dalam hal pemeliharaan jalan mulai dari perbaikan badan jalan dengan metode tambal sulam, pemeliharaan bahu jalan, saluran air dan gorong-gorong. Tapi akibat pandemi COVID-19 anggaran untuk pemeliharaan jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi menjadi terbatas sehinga berpengaruh terhadap pemeliharaan," katanya kepada wartawan di Sukabumi, Jumat.

Menurut Muiz, adanya efisiensi anggaran untuk penanganan COVID-19 tentu sangat berpengaruh  terhadap pelaksanaan pengelolaan dan pemeliharaaan jalan berstatus milik Provinsi Jabar tersebut.

Baca juga: Polres Sukabumi Kota percepat capaian vaksinasi lengkap 100 persen

Dalam melakukan pemeliharaan jalan pihaknya harus menggunakan skala prioritas karena harus menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Seperti dalam hal perencanaan anggaran perbaikan pihaknya akan menentukan titik jalan yang harus diprioritaskan untuk mendapatkan perbaikan.

Kendala lainnya, yang harus ditanggung pihaknya sebagai lembaga yang bertanggung jawab penuh untuk mengelola dan memelihara jalan provinsi yang ada di Sukabumi adalah kerusakan jalan yang di luar prediksi serta perencanaan anggaran. 

"Pemeliharaan jalan ini ada nilai satuannya setiap satu kilometer, sehingga untuk pelaksanaannya disesuaikan dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Namun yang menjadi permasalahan jika timbul kerusakan yang tidak diprediksi tentunya anggaran perbaikan yang ada tidak mencukupi karena luasan yang haris diperbaiki bertambah," katanya.

Muiz mengatakan meskipun saat ini anggaran untuk pemeliharaan jalan provinsi terbatas akibat dampak efisiensi anggaran, namun pihaknya tetap melakukan pemeliharaan secara maksimal, karena seperti diketahui beberapa ruas jalan provinsi menjadi jalur penghubung utama dan alternatif sehingga setiap harinya selalu ramai dilintasi berbagai jenis kendaraan.

Baca juga: Ketua PDIP Sukabumi sebut pernyataan Arteria tidak ada kaitan dengan partai

Pemeliharaan jalan merupakan hal yang terpenting karena berkaitan dengan keselamatan, bahkan informasi yang dihimpun Antara, beberapa kasus kecelakaan  lalu lintas yang terjadi akibat pengendara menghindari dan melindas jalan berlubang (rusak).       

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022